Cara Memulai Menulis

Posted: September 14, 2007 in TulisMenulis

Menulis merupakan sebuah aktifitas yang tidak semua orang bisa dan mau melakukannya. Padahal menulis merupakan hal yang sangat penting, baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Dalam dunia pendidikan misalanya dalam pengerjaan Tugas Akhir (TA), Tesis, dan tugas-tugas lain sejenisnya. BEgitu pula dalam dunia kerja. Pembuatan laporan kerja, makalah untuk kenaikan pangkat, presentasi bisnis dan masih banyak lagi pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam menulis.

Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk mengawali membuat sebuah tulisan. Namun, banyak orang yang enggan untuk mengawali, dengan berbagai alasannya. Ga ada waktu lah, ga sempat lah, ga bisa membuat kata-kata lah, ga tahu harus gimana mengawali sebuah paragraph lah, banyak lah alasan yang kalau ditulis bisa membuat tangan jadi keriting.

Bahkan banyak temen-temen yang selalu bilang, sebenarnya udah banyak bahan di otak yang mau ditulis, tapi ketika mau menuangkannya dalam sebuah tulisan, susahnya setengah mati.No..No..No..!! GA ada kata susah dalam kamus MENULIS.

MEnurut saya, menulis itu adalah bahasa hati yang disamapaikan lewat kata. JAdi sama aja kayak ngomong, cuma untuk ini, mulut kita berpindah ke jar. Getu aja. JAdi kalau mau nulis, ketik aja semua yang ada di otak kita, yang pengn kita bicarakan, yang pengen kita ungkapkan, semuanya. Ga usah memperdulikan baik buruknya kata dan kalimat yang kita bikin, itu urusan belakang, yang penting jari kita mengalir indah di atas keyboard.

Masalah bagus tidaknya kata, bisa diedit setelah tulisan kita jadi. Itu akan menjadi kebiasaan. Tiada cara yang paling hebat dalam belajar kecuali “LATIHAN” terus menerus. Dengan selalu rutin dalam menulis, maka kita akan terbiasa sehingga dengan sendirinya kata dan tata bahasa akan menjadi bagus dan indah.

Nah kalau sudah demikian, maka pasti deh ga terasa tiba-tiba tulisan kita udah banyak.  Coba deh kalo ga percaya…

MET MENCOBA!!!!

🙂

to be continue…

Comments
  1. Char says:

    Sukses terus dalam menulis ya! Saya tunggu buku bestseller karya kamu.

  2. taufiq says:

    bener sekali mbak!!!
    tulisan tu bahasa hati
    setuju sekali!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s