Resensi Novel Muara Kasih

Posted: September 16, 2007 in TulisMenulis

MUARA KASIH

By : Muthmainnah

Novel Islami ini mengisahkan tentang perjuangan seorang gadis, bernama Kathrin Elizabeth Kelly. Dia lahir di Jakarta dan dibesarkan oleh warga kulit putih Australia. Sejak kecil dia hanya tahu tentang Australia dan segala kebudayaannya. Sekolah di Australia dan hidup di tengah keluarga Kristen yang taa. Dia adalah anak kebanggaan Mom dan Dad nya, juga kedua kakanya, Jon dan Matt. Meskipun usia Matt hanya beberapa hari lebih tua dari Kath, namund dia sangat saying kepada Kath.

Mom sangat mendambakan anak perempuan, oleh sebab itu dia sangat menyayangi Kath, meskipun bukan anak kandungnya sendiri. Kath diangkat atas dasar jiwa kemanusiaan. Ketika Kath terlair ke dunia, di sebuah rumah sakit bersalin di Jakarta, ibunya hidup sebatangkara, tanpa ditemani seorang suami. Safrizal, ayah kandung Kath, telah meninggalkan istrinya sejak usia Kath 7 bulan dalam kandungan. Karena masalah ekonomi, dan tidak bisa membayar biaya rumah sakit, akhirnya wanita berdarah Sunda, keturunan pedagang besar tahu sumedang itu terpaksa menyerahkan bayinya kepada Mom, ibu angkat Kath saat ini.

Kath dibesarkan dengan penuh cinta kasih. Dia seklah di sekolah kristen di Australia. Ada seorang cowok ang sangat perhatian pada Kath, namnya Mike. Namun Kath sama sekali tidak menykai cowok itu. Setiap kali diajak berdansa dal;am sebuah “party”, KAth selalu menghindar, bahkan terkdang memilih untuk tidak bergabung. Kath tertarik pada seorang cowok yang sangat dingin. Setelah diselidiki ternyata dia satu-satunya muslim di sekolahnya.

Selanjutnya karena merasa terinspirasi hal itu, dia akhirnya memutuskan untuk amsuk ISlam. Mom nya sangat kaget dansamapai penyakitnya kambuh dan masuk rumah sakit. KEadaanya sangat kritis. Bagaimana tidak, Mom sangat taat padah agamnya dan dia mempunyai harapan besar pada Kath agar menjadi penerusnya.

Kath sangat bingung dengan situasi ini. Namun bagaimanapun dia tetp pada komitmennya. KEdua saudara dan Dad menghargai segala keputusan KAth.

Akhirnya KAth memutuskan untuk mencari kos, dan kerja sambilan. Saat itu masalahnya sangat bertubi-tubi. Di sekolah dia tidak boleh ikut pelajaran olahraga. Sahabat dan teman2nya sangat tidak setuju dengan keputusan guru olahraga. Akhirnya dengan pimpinan Mike, semua siswa mengeglar demo. DAn akhirnya masalah ini sampai ke tangan pengadialn. Setelah beberapa waktu akhirnya selesai juga masalahnya.

Diadakan pesta untuk merayakan selesainya amsalah ini. Seperti biasa pestanya sangat meriah. Tentu ada acara minum, bahkan terkdang obat-obat terlarang. Pokoknya kebebasan luar biasa. PEsta diadakan dirumah sahabtanya, tentunya masalah biaya juga dibantu oleh DAd. Dia sebenarnya tidak ingin adanya pesta itu. TApi dia tidk punya alasan untuk menolak. TEman2nya sangat memaksa, apalagi ini untuk merayakan kemenangan KAth.

Akhirnya ketika pesta dimuali, dan lampu muali dipadamkan, hatinya benar-benar berontak. Dia mencari jalan untuk keluar dari ruangan itu. Akhirnya sampailah dia di belakang rumah sahabatnya itu. Dia merenung sendiri. Tapi tiba-tiba Mike menemukannya. Mike menanyakan kenapa selama ini Kath selalu menghindar. Ternyata KAth salah paham. Mike memperhatikan KAth semata-mata hanya ingin menebus rasa bersalah pada saudara tirinya, yang juga Non MUslim dalam keluarganya. Mike ingin menghargai KAth sebagai muslimah dengan harapan dia bisa menebus kesalahannya pada saudara tirinya. Semenjak perbincangan itu, Mike sudah tidak hadir lagi dalam hidup KAth. Mike mulai menjauh dari KAth.

Bagaimana nasib KAth selanjutnya???

to be continue…

Comments
  1. Kiki says:

    mbak tolong ya……..
    kl buat contoh resensin2 yang lengkap……..

    makasih, tolong diperbaiki k3y…..he5x

  2. iya, trimakasih sarannya ya. Sebenrnya itu memang resensi bersambung, cuman karena terbentur masalah waktu, jadi sampai sekarang belum sempet ngelanjutin. Insya Allah nanti akan saya lanjutkan🙂

  3. lia says:

    ka…… tolong terusin donx!!!!!!!!!!

  4. ayu says:

    mbak tolong dunx resensiin novel dari luar ….? thanx’ss yech

  5. novel dari luar? tp bhs indonesia kan? klo iya, aku ada banyak seh…
    iya deh insya Allah secepatnya kalau saya ada waktu luang,,,,:)

  6. Cindra says:

    mbak.., tolong di perbaiki tulisannya iia….????
    terus critanya tolong dilanjutin ya???? aquw pnasaran nie…..

  7. fila says:

    aq dah baca bukunya, masya allah,, novel yg menggugah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s