PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMILIH JENIS TANAMAN

Posted: January 13, 2008 in TulisMenulis

PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMILIH JENIS TANAMAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK LAHAN

ABSTRAKSI

Tantangan pembangunan terbesar bagi Indonesia dalam dua dasawarsa terakhir adalah meledaknya jumlah penduduk. Sementara program peningkatan produksi selama kurun waktu tersebut masih kurang mantap. Pada akhirnya negara kita terpaksa mengimpor bahan pangan dari negara lain. Menghadapi “peledakan” pertambahan jumlah penduduk terutama di Jawa, Madura, Bali dan Lombok, sepertinya usaha peningkatan produksi pangan secara intensifikasi masal dan perluasan areal pertanian pada tahun-tahun terakhir ini tidak berjalan dengan baik (Sosroatmodjo, 1980).

Terlalu seringnya kita “menguras” daya mampu tanah dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan tanah. Mencari keuntungan-keuntungan material saja tetapi melupakan pemeliharaan daya mampu tanah. Sebaliknya jika tidak dapat menemukan kombinasi yang serasi antara tanah dan iklim setempat, usaha untuk memperbaiki keadaan tanah agar lebih berguna jarang sekali dilakukan bahkan kecenderungannya ditinggal begitu saja (Sosroatmodjo, 1980).

Menurut M.D. Butler (ahli konservasi tanah Amerika), pengolahan lahan tanah adalah “a design for using for immediate needs and for future use or needs“. Untuk itu perlu adanya kesadaran pada diri pengguna lahan. Jika kesadaran itu sudah muncul, tinggal bagaimana menyampaikan pengetahuan tentang penggunaan lahan secara seimbang.

Seiring berkembangnya teknologi informasi dewasa ini, bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan penyampaian pengetahuan pemeliharaan daya guna lahan. Berdasarkan hal ini pembuatan suatu perangkat lunak (software) yang mampu memberi solusi tanaman yang cocok untuk setiap tipe lahan untuk pengolah lahan perlu dilakukan.

Perangkat lunak ini dirancang berdasarkan sistem berbasis pengetahuan (knowledge based system). Sistem berbasis pengetahuan merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence). Sistem ini mempunyai kemampuan menganalisis dan membuat keputusan. Hal tersebut dapat diterapkan dalam perangkat lunak didalam berbagai macam bidang termasuk bidang pertanian (Krishnamoorthy, 1996).

Perangkat lunak ini diharapkan mampu memberi keluaran (output) tentang jenis tanaman yang cocok untuk setiap karakteristik tanah. Pengguna hanya tinggal memasukkan masukan (input) berupa data-data karakteristik tanahnya. Sistem akan memproses data-data dan kemudian memberikan keluaran sesuai dengan data yang ada.

Sistem ini akan dibuat dalam bentuk aplikasi web (web-based) menggunakan teknologi JAVA. Sistem dibuat secara terpusat dengan tiap-tiap daerah yang ingin mengimplementasikan sistem ini hanya membutuhkan koneksi internet dan sebuah komputer. Pengembangan di masa yang akan datang perangkat lunak ini bisa menjadi rujukan maupun pertimbangan bagi pengolah lahan disaat mereka akan menentukan tanaman yang cocok sesuai dengan karakteristik tanah.

Selengkapnya…

Comments
  1. andhiguy says:

    excellent

  2. Fajar says:

    Ooo…ini KTI yang mw di recomendasikan bwt Bi.
    Luar biasa.
    n_n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s