Endensor

Posted: January 29, 2008 in Resensi


Resensi Novel Endensor, buku ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi, Karya Andrea Hirata.

Inilah wujud dari mimpi-mimpi yang selama ini dirintis oleh kedua anak manusia, Ikal dan Arrai. Cita-citanya untuk menembus pendidikan di Sarbonne Perancis terwujud juga. Dengan adanya beasiswa, merekaberdua bsia melewati ujian dan akhirnya dapat belajar di uneversitas yang sama. Arrai di jurusan Biologi dan Ikal jurusan Ekonomi.

Bukan hanya itu, ketika liburan musin panas, mereka juga berhasil meraih mimpinya yaitu mengelilingi Eropa dan Afrika, hanya berbekal keberanian, bayangkan mereka pergi dengan membawa kostum putri duyung dan berlaga menjadi manusia patung. Dari uang yang diberikan oleh turis yang melihatnya inilah akhirnya mereka berhasil menaklukkan Rusia yang sedikian ganas dan juga Afrika. Dalam perjalan itu pula akhirnya Ikal menemukan A Ling, cnta pertamanya. JAwaban yang selama ini cari telah ia peroleh, bahwa sudah saat nya dia melupakan A Ling.
Di tengah studinya, Arrai terpaksa dipulangkan ke Indonesia karena sedang sakit, dan tidak bisa beradaptasi dengan suhu dingin perancis. Arrai diizinkan kembali ketika musim panas tiba. BErsamaan dengan itu pula, Ikal harus pindah ke Inggris kare profesornya harus kembali ke Ingris. Ini dilakukan demi risetnya. KEtika riset sudah selesai, ia menuju rumah profesornya guna minta tanda tangan. Dia haruis menunggu 2 jam, kare profesor sedang keluar. Saat itu pula dia mendapat tawaran dari istri profesor untuk melihat-lihat desa sekeliling. Sungguh, desa yang asri, elok dan sangat indah. TErbayang di otaknya akan novel pemberian A ling, yang mengisahkan betapa indahnya Endensor, sebuah desa di Inggris. Seketika itu pula dia memberanikan diri untuk menanyakan kepada penduduk sekitar. Amat terkejut ketika dia tidak pernah membayangkan bahwa dia telah menginjakkan kaki di sebuah tempat yang selama ini hanya dibayangkan, Endensor!!! Jawab salah satu penduduk desa itu.

Comments
  1. adhi says:

    katanya endensor novel terlaris saat ini yaa

  2. nilam says:

    paling laris n’ bagus banget ceritanya

  3. nilam says:

    paling laris n’ bagus ceritanya.
    gak rugi lho dibuat koleksi.

  4. isyana siregar says:

    endensor..sebuah perjalanan mencari kehidupan, bertahan mewujudkan mimpi dan meneguhkan hati dalam persahabatan..
    endensor…perjalanan mahasiswa yang sama seperti mahasiswa lain, hampir kehabisan uang untuk mewujudkan mimpi…great job!

  5. Amry_vocalis says:

    hebat kok kamu ….
    kenapa ko aku bilang hebat …
    karena aku gk bisa kayak kamu …
    salam kenal y amry kusuma hadi.

  6. Ida Ayu says:

    Endensor,,,
    Crtny seru bgt,,ng’buat qt ikt merasakan “kebanggaan” dan “kepuasan” yg akhrny dpt d cpai oleh ikal dan arai…dan m’mjwb rasa keingintahuan ttg A Ling..dan Endensor.

  7. Ida Ayu says:

    Endensor,,,
    Crtny seru bgt,,ng’buat qt ikt merasakan “kebanggaan” dan “kepuasan” yg akhrny dpt d cpai oleh ikal dan arai…dan m’mjwb rasa keingintahuan ttg A Ling..dan Endensor…!!

  8. xener says:

    ceritanya aneh.. trlalu mengada2 tidak seperti karya andrea yg sblumnya.. trlalu banyak pendeskripsian dlm cerita, apabila novel ini masih dibilang bagus.. dikarenakan penggarapan kosakata dari penulis, mampu menyentuh imajinasi sang pembaca..

  9. fuji says:

    assalamualaikum, waw mas andrea saya laskar pelangi dan sang pemimpi sdh saya tamatkan, seru…bangt aplgi klw ingt si jimbron..di sang pemimpi yg sll bhs kuda itu loh..sy aja rsnya ksl bngt saat bcnya, aplg mgkn klw brd saat itu g’kbyng deh..nah..bk endensornya blm smpt kbc, tp kyknya g’klh seru deh..,cinta pertma ikal knds ya? kshn bngt..tp sy hrs pny buku itu ednensor..klw diigt-igt crtnya pngn ktwa sndiri deh..semuanya bermakna dan memberi himah tersendidri bg kt untuk trs optimis dlm mgjr cita2 ya kan mas..? pkkny kmplt deh..

  10. adiel says:

    sangat mendidik dan penuh nuansa sastra.penuh [penghayatan dan ilmu.

  11. iya, bener banget.. Hehehhehe

  12. andini says:

    nice,,,,
    ga da kata laen deh bwt mas
    andrea slaen
    congratulation….
    di tunggu karya2 hbt yg
    berikut’y….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s