Ngajar Itu Susah-Susah Gampang…

Posted: May 1, 2008 in Cerita-cerita

Alhamdulillah, akhir-akhir ini aku ngerasa rejeki lancar banget. Mulai dari job nulis, sampe sekarang ada tawaran ngajar privat anak SD. Ehm klo SMP ma SMA seh aku ga minat. Buat apa susah-susah memeras otak, wong tugas kuliah aja sudah sangat amat menyita otak. Well, beginilah kronologisnya…

Waktu itu lagi enak-enak browsing sama chatting. Tiba-tiba ada sms :

“ini prima Nurul Fikri. Ada tawaran ngajar anak SD, jam 4 sore, Senin-Sabtu. Rumah Lebak Timur 5A 14. Bersidia? bales sekarang”

Nah, tanpa pikir panjang, aku langsung pencet tombol reply dan ngetik sms, aku bersedia. Belum selesai sampe disini. Aku harus muter Delta 5 kali ada kali ya. Tahu kenapa? Karena aku ga berhasil nemukan Jl.Slamet, kediaman LBB Nurul Fikri. Huh, gila. Padahal setelah ketemu, ternyata sebenarnya udah kulewati. Cuman ga nyangka aja ada disitu. Itu lho, klo kita dari Gedung Balai Pemuda, trus Mitra, belok kanan. Nah klo naik jembatan itu kan bsia ke Delta bisa ke UNAIR, Jl. Slamet itu harusnya kita belok kiri.

Sore itu juga aku mulai ngajar. Terpaksa bolos kuliah BDL. Ya mau gimana lagi. Aku belum negosiasi jadwal sama ortu murid. Langkah kedua adalah muter-muter mencari kediaman rumah murid. Wah, tahu jalan kenjeran itu kan. Sama, aku juga muter klo ga salah 4 kali deh.🙂 .

Parahnya lagi, pas ngajar, aku tuh dah banyak yang lupa pelajaran SD. Gampang seh sebenernya. Cuman si murid ga beli buku panduan sama sekali. Ya gmn lagi, ada beberapa soal yang ga berhasil kukerjakan. Tahu ga soal apa? FPB dan KPK. Jadi malu sendiri sama anak SD. Yang lebih herannya, ngapain juga anak nya pake les. Wong sudah cerdas banget. Ehm, klo aku menduga seh itu tuntutan orang tua. Maklum ujian nasional sudah dekat. Dia kelas 6 SD, SD Petra pula, namanya Gerar, kacamatanya tebel banget dan anaknya cuek. Mungkin rada males belajar, sukanya main PS. Tapi tak akui, otaknya encer banget.

Sepulang dari ngajar, aku sms si Gerar perihal jawaban yang tadi ga nemu, Tahu ga balesnya apa? “Males nulis”. wkwkwkwkw, baru tahu deh anak secuek ini. Anak SD pula. Wakakaka…..Ngajar ternyata ga gampang. Capek dan kita bukan sekedar ngajar. Tapi bagaimana ilmu itu nyampe ke penerima dan ga sia-sia.

Comments
  1. intan says:

    ehm, bener banged mba, aq juga sekarang gy mulai2 nyoba ngajar, susah2 gampang ya, hehehe

Leave a Reply

