Belajar dan Tahajud, IQ pun Meningkat

Posted: May 4, 2008 in Cerita-cerita

Spesial untuk adikku, semoga sukses olimpiadenya…Insya Allah ntr ku klipingin deh artikelnya…🙂 Ini artikel kami temukan saat lagi makan nasi goreng bareng. Menarik lho…

Sabtu, 03 Mei 2008
Ranu F. Wahyudi, Peraih Perunggu dalam International Conference of Young Scientists

Belajar dan Tahajud, IQ pun Meningkat
Prestasi tidak datang dengan mudah. Perjuangan dan kedekatan kepada Tuhan jadi pendorong superkuat. Contohnya, perjuangan Ranu Firman Wahyudi, siswa SMA Wachid Hasyim, Sepanjang, Taman, yang berprestasi di tingkat dunia.


TORIQ S. KARIM, Sidoarjo

RANU mendapatkan sambutan luar biasa dari teman sekolah maupun Dinas Pendidikan Sidoarjo. Padahal, dia mengaku sempat tidak berhasil mengikuti perekrutan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) pada awal 2007. Sebab, lembaga asuhan Prof Yohanes Surya menetapkan syarat IQ terendah untuk bisa bergabung adalah 145. Sementara hasil tes IQ yang dia jalani hanya 122. “Saya sedih tidak bisa ikut,” ujarnya bercerita.

Namun, pada Agustus 2007, kondisi itu berubah. Ismono, guru matematika Ranu, memanggilnya. Ranu tidak menyangka bakal dapat informasi panggilan dari TOFI untuk mengikuti pendidikan di Jakarta. Pemanggilan Ranu merupakan perintah Prof Yohanes Surya. Alasannya, etos belajar Ranu jadi bahan pertimbangan Prof Yo (panggilan akrab Yohanes Surya). “Akhirnya saya diberi kesempatan bergabung,” ujar remaja kelahiran 15 Juni 1991 itu.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan Ranu sebaik-baiknya. Selama dikarantina, waktu hanya habis untuk belajar. Setiap kelas diisi 17 anak dari kabupaten/kota. Mereka memiliki kemampuan di atas rata-rata. Hal itu sempat membuat Ranu merasa rendah diri. Namun, penggemar nasi goreng itu bertekad jadi yang terbaik. “Saya terus belajar, dari pagi sampai pagi lagi,” katanya.

Dalam sehari, putra pasangan Anang Rahmad dan Nurdjannah itu sering belajar lebih dari 15 jam. Sejak pukul 09.00 pagi sampai 02.00, dia belajar dan mengerjakan tugas. “Saya baru tidur setelah subuh,” ucap remaja yang kini tinggal di Sepanjang Town House, Blok F No 8, Kecamatan Taman, Sidoarjo, itu.

Gara-gara cara belajar Ranu seperti itu, dia dijuluki kawan-kawannya “Bonek asal Sidoarjo”. Hasilnya pun tokcer. IQ Ranu yang semula 122 naik jadi 136. Selain itu, pencapaian nilai evaluasi per minggu bisa diandalkan. “Saya meraih angka 100 tiga kali,” ucapnya.

Ranu merasa belum cukup. Perjuangan tidak membuahkan hasil jika tidak direstui Tuhan. Untuk itu, selama dikarantina hingga sekarang, Ranu rajin beribadah. “Puasa Senin-Kamis dan salat tahajud menjadi kebiasaan saya,” ujar Ranu yang bercitacita jadi profesor bidang robotik itu.

Puncaknya, Maret 2008. Dia dilibatkan dalam tim yang akan berlomba di ajang ICYS di Ukraina. Untuk mempersiapkan lomba pada 18-23 April itu, Ranu dipindahkan dan dikarantina di Bandung. Ranu bersama rekannya menang setelah meneliti tema resonansi dalam alat musik seruling Sunda.

Hasil penelitian itu kemudian dipresentasikan di depan semua peserta. Ada 15 peserta dari berbagai negara. Di antaranya Belanda, Jerman, Tiongkok, dan negara-negara lain. “Saya tetap percaya diri bahwa Indonesia bisa jadi yang terbaik,”katanya. (*)
sumber : http://www.jawapos.com/index.php?act=detail_radar&id=211586&c=90

Comments
  1. Ranu F. Wahyudi says:

    Assalamu’alaikum, mbk terima kasih banyak ya telah mempublikasikan berita ini. Saya mewakili diri saya sendiri dan juga keluarga mengucapkan banyak – banyak terima kasih. semoga mbak sukses terus & bisa mencapai cita2 dengan ridlo dari Allah SWT.
    Salam kenal…..

  2. amien. SAma-sama. Semoga sampean tambah sukses juga. Salam kenal juga ya ..🙂

  3. Pangeran says:

    Alhamdulillah saya sudah melaksanakan sholat tahajud rutin sejak 1 bulan yg lalu,Saya adalah seorang pengangguran korban phk dan kerjaannya nongkrong sana sini sambil merokok layaknya orang buangan & kalo capek tidur di mesjid yg kutemui di jalan,tapi shalat tahajud selalu saya lakukan,
    hikmahnya :
    1. hati, pikiran terasa tenang
    2. Percaya diri yg sangat tinggi (karena merasa Allah selalu berada didekatku), bahkan saya merasa tidak takut pada siapapun kecuali Allah
    3. Melihat dunia seperti yg terdengar dalam lagu god bless “Dunia panggung sandiwara”
    4. Segala urusan jadi lancar
    5. Tidak kekurangan rezeki
    6. Selalu merasa kangen berat untuk segera datangnya malam supaya bisa tahajud lagi

    Tips : supaya bisa bangun malam cobalah manfaatkan teknologi Alarm HP, cobalah tidur dikasur yg ditaruh langsung dilantai dg kaki yg bersentuhan langsung dg tanah

  4. iya, maaksih ya…atas share pengalamannya….

  5. girls says:

    thanks for news,nya bikin aku seamngat ngejalanin hidup, ternyata setiap masalah ada solusinya

  6. sama sama girl, tetep semangat ya!!!

  7. anton says:

    thx…ini sumber semangat ‘n insprasi bagi siapa saja yang ingin berhasil…

  8. semuanya berasal dari keyakinan yang di tuangkan dengan usaha keras dan do’a..
    itulah hal yang selalu di ajarkan Ranu Firman Wahyudi pada siapa saja yang mengenalnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s