Sekilas tentang Semantik Web

Posted: September 13, 2008 in Kuliah

Shared by Umi Laili Yuhana

Setelah bimbingan proposal TA untuk yang pertaa kalinya, berikt ilmu yang aku peroleh dari bu Umi. Hehehe…

Web Semantik, merupakan web yang bertujuan untuk menjadikan computer bias berfikir dan mengerti apa yang diinginkan oleh manusia. Apa saja komponen dalam semantic itu? Dan bagaimana mekanisme mesin bisa berfikir? Berikut adalah sekilas tentang web semantik. Ini aku rangkum dari penjelasan Bu Yuhana ketika bimbingan proposal TA. Kurang lebihnya diwakili oleh gambar berikut.

semantik.JPG

Berikut adalah penjelasan dari gambar di atas.

Dalam XML, akan mereference ke URI

URI adalah unik, merupakan kode dari segala sesuatu dan objek-objek yang berbeda.

Karena XML tidak bisa melalukan relasi data sehingga dia tidak bisa merepresentasi dengan entity lainnya. Sedangkan RDF bisa merepresentsikan hal ini, namun dia membutuhkan sebuah scema, sehingga lahirlah istilah RDFs. Namun, RDFs juga memiliki kelemahan, yaitu dia tidak bisa melakukan relasi one to many, sehingga disempurnakan oleh Ontology, dan akhirnya keluar istilah OWL (Web Ontology Language), bukan WOL.

Ontology ini merupakan representasi dari XML, RDF dan URI. OWL ini bisa mengatakan berapa jumlah kardinalitasnya. OWL juga bisa melakukan restriction, misalnya sato dosen boleh mengajar maksimal 5 mata kuliah. Selain itu, OWL juga bisa menyatakan sebuah similarity, misalnya anatar perempuan dan wanita adalah dua hal yang sama, atau misalnya antara Ruktin dan Ruktin Handayani adalah 2 orang yang berbeda atau orang yang sama.. Owl juga bisa untuk penalaran (reasoning), misalnya A dan B adalah bersaudara, kemudian B memiliki anak bernama C, maka dengan OWL ini akan bisa diketahui bahwa A adalah “uncle” dari C.

Akan tetapi untuk mencantumkan semua data-data tersebut tetap membutuhkan URI. Hal demikian inilah yang mampumembuat mesin berfikir, karena mesin itu merupakan sebuah metadata, yang bias ngecrack kemana saja.

Semoga bermanfaat, dan nantikan penjelasan berikutnya.

Comments
  1. kholis says:

    wih…udah mulai ancang2 ke web 3.0 nih😀

  2. iya nie, soalnya rencana Tugas AKhir bahas itu🙂

  3. Wah, topik yang menarik. Saya berharap bisa mengikuti perkembangna TA-nya di sini. Dulu belum sempat belajar banyak tentang web semantik. Baru sampai RDF doang. Mungkin kali ini saya bisa “balas dendam”.

  4. hehe, ndak papa balas dendam demi kebaikan, menuntut ilmu, Insya Allah setiap ada perkembangan akan saya share di sini untuk berbagi,,,doakan bisa memberi manfaat🙂

  5. gong_uhui says:

    boleh kenalan ga?? hehe.. sekalian mo minta “petunjuk”, berhub mo ngambil TA ttg ntu juga.. (gong.ucil@gmail.com)

  6. boleh, salam kenal ya…Kalau minta petunjuk kok rasanya terlalu gimana getu. Aku sendiri juga belum seberapa paham. BAru mau mulai. Ya, ntr kita sharing-sharing di sini aja ya🙂

  7. dani says:

    nah ini..penjabaran yg gamblang gini yg enak..nebeng ngikutin ya🙂

  8. dewi says:

    wdh lagi bhas web semantik yah….

    minta tolong pencerahannya dunk tentang web semantik…

    cara buat dan contoh nya please yah mbakk….

    kirim ke email saya yah

    thanx b4

  9. mabrur says:

    Salam kenal….wah asik nie, nek bisa ngikutin jalan nya TA, pengin upgrade pengetahuan nie…

  10. Wah menarik sekali. saya kebetulan lagi riset mencari korban yang bisa diajak ngobrol untuk ngebahas web semantik. Ketemu blog kamu dan ternyata udah ngebahas ini november lalu.
    aku 1/2 taon telat rupanya😉

  11. rizqi says:

    wah…wah,,
    mksudnya web semantik ni gmna sich(sorry baru bljar n tau perkembangan web),boleh lihat contoh dari webnya g??
    saya juga pengen belajar n mengerti seperti apa?
    apakah sama dengan web yg menggunakan php atau yg lainnya….

    tolong penjelasannya y mbak..:-)

  12. pada dasarnya sama, cuman proses pencariannya saja yang berbeda, pembuatannya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat disini http://www.w3.org/.

  13. ow ya ini saya inget, ada contoh web yang sudah menggunakan konsep semantik. Bisa dibuka di http://powerset.com/

  14. ndah says:

    wihHhh..
    mbak…. boleh liat TA ny gag ??
    MENARIK !!

    klo boleh,,, tolong kirim ke email saya yaaa.
    saya rencanya ny mu buat skripsi tentang web semantik.
    tapi masih bingung.
    mohon bantuanny ya mbak.

  15. bingung di sebelah mananya? sampean kuliah di mana?

  16. doni says:

    slam knal….
    kk saya lagi ngambil tugas akhir mengenai semantik web,tp saya kurang tau n mngerti gmna proses pembuatannya?
    kalo bleh tau bisa lihat contoh web atau klo punya video.avi tentang pembuatannya boleh saya lihat kan cz saya da bngung harus mikir kmna lagi cari solusinya….

    thanx mohon bnatuannya…

  17. doni says:

    oiy klo bisa kirim k email saya y

    rizqi_jailani@yahoo.co.id

  18. doni says:

    oiy mbak gmna….da slesai ta skripsinya!!!!!

    maaf mngganggu….saya mo nnya tntang pembuatan semantik web ini dri mulai awal,,pa qt bisa sharing dalam msalh ini….
    apa anda pnya facebook?? mhon bntuannya…….

  19. kurniawan says:

    wuihhh, ngebikin web 3.0 juga ya, sama saya juga lagi bikin TA tentang web 3.0, cuma sama sekali gak tau tentang web 3.0, mohon bimbingannya..

    klo ada berita baru, tolong di update ya, thx

  20. iya, tapi saya minta maaf, mungkin belum bisa update dalam saat2 ini, karena kesibukan saya. Insya ALlah ntr klo ada kesempatan, pasti saling berbagi

  21. doni says:

    oiy mbak mo nnya….database yg anda pke tu apa????

    MySql atau Oracle

  22. Kurniawan says:

    saya juga sedang disuruh mempelajari konsep dari web semantic..tapi sampai saat ini belum bisa jg memahaminya..please help..ud angkatan tua nih..🙂

Leave a Reply

