Makna Kesuksesan MenurutQ

Posted: November 10, 2008 in Cerita-cerita

Ide tulisan ini muncul setelah sharing dengan seorang teman tempo hari. Seorang teman yang down akibat sesuatu hal dan akhirnya dia sudah bisa memaknai apa kesuksesan yang selama ini dia cari. Alhamdulillah!!!!!!

Kesuksesan menurutku adalah sesuatu yang membuat kita bangga akan diri sendiri, dan tak seorangpun tahu. Eits, tunggu dulu!!!!! Jangan dicerna ala kadarnya kalimat di atas. Aku akan mejelaskan kurang lebihnya makna “bangga terhadap diri sendiri, dan tak seorangpun tahu”. Kurang lebihnya seperti ini kawan….

KEtika kita bangga akan diri kita sendiri detik itu, saat itu, kala itu, atau masih terasa hingga hari ini, akibat dari sebuah atau sesuatu hal, itu berarti kita telah melakukan yang terbaik. Kita telah puas dengan apa yang kita kerjakan sehingga membuahhkan hasil yang pastinya berguna khususnya bagi diri sendiri dan terutama bagi sekitar.  Entah ada sesuatu yang konkit yang telah kita hasilkan, atau sekedar sesuatu yang abstrak. Sebuah kebanggan itu tidak hanya berupa prestasi yang bisa dinilai dengan piagam, uang, atau penghargaan lainnya. NAmun, segala hal yang membuahkan hasil yang positif, itulah kesuksesan. Hasil yang positif itu tentu akan sangat membuat kita bangga, meskipun orang lain tidak tahu bahwa kita sedang bangga saat itu. Biarkan orang lain memuji jerih payah kita, abaikan. Masa bodoh juga jika ada orang lain yang tidak suka dengan tindakan kita. Senyampang itu berguna, positif maka itulah arti sesungguhnya kesuksesan.

Bahkan kegagalanpun adalah kesuksesan. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, atau kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Keduanya benar, sungguh benar.Misalnya saja, ketika kita gagal, dari situ kita maupun orang di sekitar dapat belajar dari kegagalan kita, dengan harapan ke depan akan jauh lebih baik. Bukankah itu juga merupakan hal yang berguna juga?. Jadi, apapun bentuknya, yang paling penting adalah selalu bersyukur dengan apa yang kita raih dan berusaha untuk terus lebih baik lagi. Sedikit mengeluh, dan banyak bersyukur, Fa Insya Allah akan datang buah-buah ksesuksesan berikutnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s