Pengalaman Baru, Ngisi Seminar Ngrakit Komputer

Posted: December 1, 2008 in Cerita-cerita

Jumat, 28 November 2008. Ada nomor masuk ndak aku kenal, nomor im3. Masalahnya, Hp ku setelah ganti, ternyata nomornya banyak yang belum termigrasi, jadi maklum, banyak nomor yang tertinggal di hp lama. 🙂 . Ealah, ternyata mas Gerar, buru-buru banget ngomongnya…”Ruktin km bisa ngrakit komputer ndak?” Aku jawab ndak bisa. Dan ternyata mau disuruh ngisi seminar ngrakit komputer  yang diadakan oleh temennya. Seminar diberi nama “Computer Maintenance For The Beginner”. Di adakan di Perpustakaan ITS lt.2, hari Sabtu, 29 November 2008. Dibutuhklan pndamping pembicara utama secara mendadak karena orang yang biasanya mendampingi sedang berhalangan. Seminar diadakan selama 2 sesi, mulai dari jam 8-12 dan jam 1- jam 4. Akan ada fee sebesar 125 ribu.

Akhirnya aku menghubungi beberapa temenku yang bisa. Dan kebetulan sekali mereka semua sedang ada acara untuk hari tersebut. Akhirnya, setelah chat dengan buchin, timbullah saran konyol dari dia.🙂 “Kenapa ndak kamu aja tin, lumayan sekalian belajar, dapat ilmu dan pengalaman baru plus bisa nambah uang saku kan?”. Lah, dari sini mulai tercipta keraguan, anatara aku mau dan tidak. Aku ingin mencoba pengalaman baru itu, tapi disisi lain aku takut ndak bisa memberikan yang terbaik untuk para peserta. Bayangkan saja, judulnya merakit komputer, membongkar CPU ku sendiri aja aku agak males-malesan. Apalagi memasangnya kembali, bisa-bisa meledak tuh CPU (LEBAY🙂 . Ya intinya aku ndak yakin apakah aku bisa atau ndak. Dan sebenarnya kalau aku mau, pasti aku bisa. Akhirnya, setelah debat dan menerima saran ini itu dari si KAito, aku memutuskan untuk mengatakan iya pada Mas Ari, pembicara utama seminar sekaligus penyelenggara. Setelah bertatap muka dengan Beliau, akhirnya aku dapat pejelasan sekilas tentang seminar tersebut. Seputar mengatasi trouble umum pada komputer, pengenalan BIOS, cara bongkar pasang pernak-pernik CPU, maintenance komputer dan optimasi komputer.

Malam harinya, aku bongkar pasang CPU nya NCC dengan bantuan beberapa teman. Yach, itulah pertama kalinya aku membongkar seluruh isi CPU dan memasangnya kembali dari awal. Mengerti bagaimana membongkar seluruh baut, main board sampai sekaligus power suply nya. Seru, ya seru sekali.

Keesokan harinya, aku menuju perpustakaan lt.2 ITS. aku kaget melihat modul yang akan dibagikan kepada peserta, wow lengkap sekali. AKu mulai ragu lagi, apakah aku bisa maksimal nantinya. Setelah peserta kumpul semua, dan ternyata untuk sesi pertama melebihi target, harusnya 10 orang, ternyata ada 16 orang. Seminar udah di mulai, dan aku mulai dengan membongkar Processor dari kedua CPU. Setelah itu, aku masuk ruangan dan duduk di depan. Sesekali pembicara utama melemparkan beberapa pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta. Alhamdulillah, masih bisa aku jawab semuanya. Dan sesekali aku juga menambahkan apa yang belum diberikan oleh pembicara utama.

Bab selanjutnya adalah pengenalan BIOS, aku yang menjelaskan, untungnya OKE deh. Singkat cerita, bab demi bab telah terlampaui. Pertanyaan demi pertanyaan dan diskusi pun terlaksana. Ada beberapa pertanyaan yang mungkin aku ndak bisa maksimal menjawabnya, misalnya, cara menambahkan alokasi memori untuk VGA dari RAM, aku memang belum pernah dan belum tahu bagaimana caranya. TApi well, aku sudah memberikan alaman email, YM dan nomor hp ku kepada peserta. Dan mereka bisa contact aku kapanpun jika butuh bantuan, dan insya Allah aku akan membantu sebisaku.

Sesi terakhirpun tibalah, MERAKIT KOMPUTER. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, dan satu kelompok ada di bawah panduanku. Akhirnya aku bisa menjelaskan dan memperagakan dengan maksimal, dan peserta pun  cukup puas dengan demo perakitan ini. Aku membiarkan peserta membongkar pasang sendiri di bawah pantauanku. Perfect dan memuaskan, aku ndak nyangka. Dan aku melihat peserta juga lumayan terkesima dan puas.

Jam istirahat tiba, ini berarti sesi kedua akan di mulai. Pserta kebanyakan berasal dari luar ITS. Yang sesi pertama masing lumayan ada beberapa dari ITS, itupun  masih MABA. Bahkan ada seorang Bapak yang S2 di Teknik Mesin, di akhir pertemuan sempat meminta bantuan untuk mengerjakan Thesisnya tentang Neural Network, sayang nya aku ndak berkompeten di bidang itu. Jadi kami sepakat untuk melanjutkan komunikasi di lain media, dan saya akan membantu beliau untuk mencarikan teman saya yang sekiranya berkompeten.

Sesi 2, peserta ada 12 orang. Semuanya di luar ITS, kebanyakan dari UPN dan UNAI. Sesi 2 ini peserta ndak seantusias sesi pertama, mungkin  faktor waktu juga. Tapi setelah sampai pada pertengahan acara, suasana kembali hangat. DAn setelah masuk pada sesi demo, pesertapun sangat antusias, melebihi yang sesi pertama. Dan ada salah satu anak UNAIR, punya kakak yang lagi bekerja, dan kebetulan mendapat tugas membuat sebuah program dari VB. LAgi-lagi pembicaraan akan kami lanjutkan kemudian hari di media yang berbeda. Ada juga anak UPN, wew kocak abis.🙂 .

Jam 4 pun terlewati, alhamdulillah. Smua terlampaui dengan sukses dan lancar. Semua di luar yang aku bayangkan. Banyak pengalaman baru yang aku dapat di sini. Bener-bener baru, mengisi seminar merakit komputer. Banyak tambahan temen dan juga ada bonus, lumayan 125 ri, buat nambah-nambah uang saku lah🙂

And The End…”Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru, karena dengan keberanian dan niat tulus, hal itu akan sangan menyenangkan”🙂

Comments
  1. hadinux says:

    wah keren ni😀 saya suka ni kata-katanya ”Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru, karena dengan keberanian dan niat tulus, hal itu akan sangan menyenangkan”

  2. trimakasih hadi…trimakasih. Tapi kata-kata itu memang bener banget kok, tuh aku udah buktikan🙂

  3. iwan says:

    minta no hpnya dong kalau mungkin komputer aku rusak bisa minta tolong?

  4. Agahari says:

    nice.. kakak hebaatt..saluuuttt

Leave a Reply

