Tuhan Akan Mengganti Berlipat-lipat

Posted: February 17, 2009 in Cerita-cerita

Menerima segala sesuatu dengan ikhlas, legowo dan mengembalikan semuanya kepada sang Maha PEncipta, akan membuat hidup menjadi lebih damai dan tenang. Mungkin di dunia ini ada beragam agama dan kepercayaan. Namun, prinsip kehidupan yang hakiki, bisa dimiliki oleh siapapun tanpa membedakan agama dan kepercayaan. PErbincangan saya dengan seorang wanita ibu rumah tangga non muslim yang mempunyai usaha di bidang konveksi dan salon ini bener-bener membuat saya salut dan kagum. Prinsip kehidupan yang dianutnya, sama persis dengan apa yang telah ditanamkan oleh orang tuaku sejak kecil.

Sikap legowo, ikhlas, menerima dengan sabar, dan menyerahkan semuanya kepada Allah, itu yang tidak semua orang bisa memilikinya. Ketika cobaan itu datang, hadapi dengan kesabaran. KEtika milik kita diambil oleh orang lain, ikhlaskan dan yakinlah bahwa Tuhan akan menggantinya dengan sesuatu yang lain yang tentu akan berlipat.  Semua adalah milik Allah dan titipan Allah. Segala sesuatu yang ada dihadapan kita, yang kita miliki, itu semua hanya sementara dan ujian buat kita. Seberapa mampu kita menjaganya. Seberapa kuat kita menghadapinya. Ketika kebahagiaan datang, mampukah kita untuk terus bersyukur. Ketika pahit melanda, mampukah kita istiqomah untuk tetap berada di jalan Nya. Yah, tidak semua orang islam bisa melakukannya. DAn bukan berarti orang non islam tidak bisa melakukannya.

Dalam hal ini, aku tidak membahas islam atau non islam. Yang jelas, perbincanganku dengan wanita ini, sangat membuka cakrawala bagiku tentang bagian dari arti sebuah kehidupan. Banyak orang yang berambisius dengan usaha, bisnis, dan karir mereka. Banyak orang berambisi ingin mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Banyak orang ingin menjadi kaya. Namun, keluarga satu ini, yang membuat aku salut setelah keluargaku sendiri. Menjalankan usahanya dengan santai, berkali-kali mendapat cobaan namun semua dihadapi dengan legowo dan ternyata memang kenyataan, ganti yang dierikan oleh Tuhan itu berlipat-lipat. Aku tidak menyangka maish ada tipe orang seperti ini di tengah kehidupan kota Surabaya yang kadang menuntut setiap orang menjadi buas, menjadi rakus bahkan tidak mengenal saudara, kerabat atau teman.

Percayalah, dengan keikhlasan dan kebesaran hati kita, serahkan semua pada Sang pemberi Rizki. Tuhan akan mengganti dengan yang berlipat-lipat.

Comments
  1. yntr says:

    Jika maksud mbak diganti saat sudah tidak bernyawa kurasa jauh lebih masuk akal, karena jika mengharapkan balasan saat msh hidup bukankah sudah menjadi kurang ikhlas ?
    Wallahua’lam bishawab

  2. trimaksih buat sharingnya. Maksud saya begini. YA kita ndak usah mengharap. Ntr Allah pasti tahu yang terbaik, dan akan mengganti dengan sendirinya. entah di dunia atau di akhirat🙂

  3. suikoden137 says:

    ikhlas itu bukan tidak berharap apa2…..tapi ikhlas itu berharap kepada satu-satunya….kepada siapa lagi kita meminta kl bukan kepada Tuhan YME….bukankah Dia yang menyuruh kita untuk selalu meminta…entah dikabulkan atau tidak….itu urusanNya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s