Mungkin Teguran, Mungkin Perngatan, atau Mungkin Juga Ujian

Posted: March 1, 2009 in Cerita-cerita

Banyak orang tidak menyadari apa makna sesungguhnya dari kejadian-kejadian yang menimpa mereka sehari-hari. Ketika kebahagiaan datang, mereka ketawa-ketawa bahagia, dan ketika kesedihan atau musibah datang, mereka akan menangis sampai bersimbah darah atau bahkan mengeluh sana-sini. Padah, jika dicermati, kehidupan di dunia ini sungguh adil. Tuhan sudah mengatur sedemikian rupa sehingga kehidupan ini akan berputar dan terus berputar seperti roda.

Tidak semua manusia mengerti arti hidup dan kehidupan yang sesungguhnya. Diciptakannya siang dan malam, kaya dan miskin, pria wanita, hidup dan mati, panas dan dingin, suka dan duka, adalah salah satu pertanda kebesaran Allah. Hanya mereka yang beriman yang akan bersyukur atas segala karunia yang diberikan oleh Allah. Perkara enak atau tak enak, perihal baik atau buruk, itu hanya penilaian dan kesan manusia. Padahal sesungguhnya itu adalah pemberian yang adil yang layak mereka dapatkan.

Dan ketika kepedihan datang, hendaknya juga tetap bersyukur. Itu adalah bentuk nikmat dan karunia Allah, dalam warna yang berbeda. Pengambilan hikmah senantiasa harus selalu dilakukan manakala setiap kejadian yang dialami. Mengapa Tuhan memberika kebahagiaan? Dan mengapa pula Tuhan memberika kepedihan? Apakah itu suatu tegoran karena kelalaian, atau sebuah peringatan agar manusia jangan sampai lalai, atau justru adalah ujian, apakah manusia kuat menghadapinya? Jawabannya ada ditangan masing-masing dari kita. Semoga senantiasa kita selalu menjadi orang yang bersyukkur dan bukan orang yang takabbur….. Segala kenikmatan yang ada di dunia ini hanyalah titipan Allah, suatu hari nanti Allah akan mengambilnya dari kita….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s