Stategi Menjadi Sang Juara dalam Business Game Contest

Posted: October 14, 2009 in umum

Meskipun bukan peraih predikat sebagai juara I, namun rasanya pengen berbagi pengalaman di sini. Tidak sulit untuk membuat dewan juri terkagum-kagum dengan apa yang kita sajikan. Khusus dalam kompetisi Business Game ini, tahap yang paling penting setelah lolos dari babak penyisihan tahap 2 adalah bagaimana bisa tampil memukau. Menurut saya, hal terpenting dalam setiap perlombaan yang melibatkan presentasi adalah kemampuan kita dalam membawakan apa yang kita presentasikan. Jika dewan juri berhasil manggut-manggut alias sangat puas dengan presentasi kita, itu berarti satu tahap yang bagus yang sudah kita peroleh. Dan tahap berikutnya adalah tanya jawab yang sukses dengan dewan juri.

Lalu bagaimana caranya membuat dewan juri puas dengan presentasi kita? Pertama penampilan. Ndak harus cantik ndak harus cakep, buktinya bekas lukaku kecelakaan masih tampak jelas, itu bukan penghambat. Tampilan yang pantes dan tampak seger di mata dewan juri, entah itu sikap optimis, senyum yang indah, costum yang kompak. Saya yakin, semua punya kreatifitas masing-masing. Begitu tampil di depan dewan juri, pastikan kita sebagai presentator bisa bener-bener menarik perhatian juri. Dalam presentasi, suara yang indah dan intonasi yang bagus, sangat berpengaruh. Jangan sampai dewan juri ngantuk dan tidak memperhatikan kita. Jangan membaca slide, pastikan sudah menguasai apa yang hendak disampaikan. Sertakan animasi yang tidak berlebihan tapi keren, yang jelas beda daripada yang lain. Berikan kesan tenang dan begitu menguasai materi serta meyakinkan.

Sesi tanya jawab juga menjadi penentu. Jangan sampai tidak mengerti apa yang ditanyakan oleh dewan juri. Dengarkan baik-baik dan jawab pertanyaan sesuai kebutuhan. Jangan kurang dan jangan lebih. Ingat estimasi waktu. Jika anda salah, jangan “ngeyel” alias “ngotot”. Ucapkan terimakasih jika saran yang diberikan dewan juri tidak bertentangan fatal dengan apa yang anda sampaikan. Pertahankan jawaban anda jika memang yakin benar.

Intinya, presentasi yang bagus, merupakan kunci kemenangan anda. Percuma saja pada babak sebelumnya peringkat anda bagus, namun jika tidak bisa menyampaikan dengan baik pada saat presentasi, maka dewan juri tidak akan peduli. Kemasan presentasi yang indah, dan sikap meyakinkan, akan membawa anda menuju peredikat sang Juara.

Lalu kenapa tidak bisa Juara I? Tim ku memang belum berhasil menjadi juara I. Jujur, memang banyak kekurangan dis sana-sini. Mungkin bisa saya evaluasi seperti apa kekurangannya, sehingga bisa menjadi pertimbangan dan wacana untuk ke depannya. Dukungan teori yang relevan, laporan yang sesuai dengan dunia bisnis, perhitungan statistik beserta metode yang lengkap, mungkin itulah kekurangan dari tim ku. Semoga para generasi peraih juara-juara berikutnya akan selalu menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

PASTIKAN KARYAMU SETAJAM KEMAMPUANMU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s