Fasilitas Export Import si WordPress

Posted: November 20, 2009 in Pengetahuan

WordPress. Situs yang sangat dikenal di dunia blogging. Banyak orang yang menggunakan fasilitas wordpress untuk berbagai keperluan. Bagi para blogger yang menggunakan layanan ini, tentu saja memiliki kemampuan dan pengalaman yang berbeda-beda. Ada yang sudah menguasai penuh, ada yang masih pemula, dan banyak juga yang sekedar tahu saja.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh wordpress adalah sistem export import. Bukan hanya barang saja yang bisa di export dan di import. File dan database juga bisa dikenai perlakuan yang sama. Kapan kita akan melakukan export import? Jika anda memiliki sebuah website atau blog, kemudian Anda sudah mengisinya dengan banyak tulisan, comment, dan lain sebagainya, dan di kemudian hari anda ingin beralih ke alamat blog yang berbeda karena berbagai faktor, maka anda tidak perlu khawatir kehilangan tulisan-tulisan yang sudah anda rintis di blog atau website Anda sebelumnya. Dengan fasilitas export import ini, anda akan memiliki alamat website atau blog baru dengan isi yang sama persis dengan website atau blog Anda sebelumnya.

Cara melakukan export import ini sangat mudah. Pada website atau blog yang lama, Anda cukup masuk ke dalam menu Manage atau Tool, kemudian pilih export. Selanjutnya download filenya, dan simpan pada directory yang Anda kehendaki. Kemudian, beralihlah menuju website baru Anda, masuklah ke dalam menu yang sama, namun pilih import, dan anda bisa men-download file yang tadi sudah tersimpan. Tunggu beberapa menit, dan dapatkan website baru Anda sama persis dengan website sebelumnya. Cukup mudah bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s