Instalasi Sierra 881U

Posted: April 10, 2010 in Uncategorized

Setelah sukses mencoba beberapa modem diantaranyaa Huawei e22o, O2, Smart Haer (salah gag ya tulisane, hehe) dan ZTE, kini saya mencoba berteman dengan Sierra 881. Ketika membuka CD installernya, aku bingung mana yang harus aku install. Aku buka satu per satu folder yang ada. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk menginstall 3G_Watcher_Generic 881 series yang bersembunyi di dalam folder Windows XP and Vista.

Sebenernya, ada petunjuk dan tutorial penggunaan modem ini kalau mau membaca. Sukses install dan butuh restart. Tapi bencana begitu aku restart, tiba-tiba TouchPad dan keyboard laptopku tidak bisa berkutik sama sekali. Aku coba mouse external ternyata bisa. Hem, tapi sayangnya aku harus masuk ke dalam safe mode karena loginku menggunakan password. Untungnya login adminsistratornya tidak berpassword, jadi aku bisa masuk ke dalam menu control panel untuk mencoba remove Sierra yang sudah aku install demi mengembalikan kondisi laptopku menjadi normal. Langkah ini gagal, dan aku ulangi lagi masuk safe mode tetapi menuju menu restore. Gagal juga. Kata temen aku, sepertinya ada port yang bentrok dan akhirnya konflik. Ternyata benar. Hem, akhirnya cara yang terakhir yaitu masuk ke menu propertis dari my computer. Menuju device manager dan aku lihat ternyata memang kondisi TouchPad dan keyboard dalam keadaan konflik alias bertanda tanya (warna kuning biasanya).

Nah berikut langkah-langkah detilnya :

-Biarkan Sierra dalam keadaan tercolok di USB Laptop
– unistall TouchPad dan Keyboard sampai akhirnya berubah menjadi device unknown
– Update driver dan ikuti petunjuk yang ada

Setelah itu, akhirnya Laptopku kembali menjadi normal. Aku terus berusaha untuk bisa setting modem Sierra ini dengan Laptop. Aku install kembali Sierra nya. Ternyata device nya ada yang tidak sempurna. Aku update seperti cara yang di atas. Dan akhirnya berhasil hingga tidak ada tanda tanya berwarna kunging lagi di dalam device Sierra.

Ketika penginstalan berhasil, maka akan muncul menu At&t Communication Managernya dan siap konek dengan paket internet yang ada. Jika masih belum berhasil juga untuk mendeteksi kartu yang ada di modem, silahkan restar atau jalankan  TRU-Install yang ada di menu program, hingga instalasi untuk pendeteksian kartu sukses. Kemudian silahkan di restart kembali.

Semoga bermanfaat🙂

Comments
  1. supri05 says:

    Smartq tinggal colokin USBnya.. klik file installernya.. udah, langsung bisa dipake.. hehehe..🙂

  2. ya semua kan punya cara sendiri-sendiri untuk hidup sup🙂 meskipun sama-sama makan nasi alias pulsa🙂

Leave a Reply

