Berkahnya Sholawat Nariyyah

Posted: July 12, 2010 in My Lovely Islam

Salah satu sholawat yang aku kagumi adalah Sholawat Nariyyah. Apalagi kalau membaca sholawat ini dengan nada yang indah. Nada yang sudah aku terima ketika aku duduk di Taman Pendidikan Alqur’an (TPQ), ya sekitar 14 tahun yang lalu. Awalnya aku tidak tahu makna yang terkandung dari sholawat ini. Aku jatuh cinta dengan nada nya ketika dilantunkan, apalagi kalau membaca dengan penuh penghayatan. Duh betapa damainya hati.

Berikut adalah untaian syairnya.  More...

“Allohumma sholli shollatan kamilatan wa sallim salaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadiinilladzi. Tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawa iju wa tunna lu bihirogho ibu. Wa husnul khowatimi wa yustaqol ghomawu. Biwaj hihil kariimi wa ‘ala aalihi. Washosbihi fii kulli lamhatin wa nafasim bi’adadi kulli ma’luu mi lak”

Artinya :

“Ya Allah Tuhan Kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurnah itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam”.

Ketika mengetahui artinya, aku bertambah suka membaca sholawat ini. Aku tidak tahu apa yang bisa aku dapatkan dengan membaca sholawat ini. Yang jelas aku hanya ingin berdoa dan bersholawat kepada Kekasih Allah, Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Namun seiring berjalannya waktu, aku mencoba untuk mencari tau berkah dari sholawat ini.

Dan akhirnya aku berhasil singgah di sebuah rumah. Di sana aku mendapatkan ilmu baru mengani sholawat ini. Termasuk sejarah dari sholawat ini. Jadi, Sholawat Nariyah adalah sebuah sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah. Syekh yang satu ini hidup pada jaman Nabi Muhammad sehingga termasuk salah satu sahabat nabi. Beliau lebih menekuni bidang ketauhidan. Syekh Nariyah selalu melihat kerja keras nabi dalam menyampaikan wahyu Allah, mengajarkan tentang Islam, amal saleh dan akhlaqul karimah sehingga syekh selalu berdoa kepada Allah memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk nabi. Doa-doa yang menyertakan nabi biasa disebut sholawat dan syekh nariyah adalah salah satu penyusun sholawat nabi yang disebut sholawat nariyah.

Suatu malam syekh nariyah membaca sholawatnya sebanyak 4444 kali. Setelah membacanya, beliau mendapat karomah dari Allah. Maka dalam suatu majelis beliau mendekati Nabi Muhammad dan minta dimasukan surga pertama kali bersama nabi. Dan Nabi pun mengiyakan. Ada seseorang sahabat yang cemburu dan lantas minta didoakan yang sama seperti syekh nariyah. Namun nabi mengatakan tidak bisa karena syekh nariyah sudah minta terlebih dahulu.

Tentu saja kita bisa mengambil hikmah dari sejarah tersebut. Bahwasanya jika kita berdoa untuk Rosulullah, tentu saja doa itu akan kembali kepada kita sendiri. Bahkan pernah ustadz saya berkata bahwa doa yang tidak diawali dengan bacaan sholawat, maka doa itu sulit diterima atau bahkan tidak sampai. Tidak ada salahnya dengan bersholawat terlebih dahulu. Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad, wa ‘ala alihi sayyidina Muhammad”. Biasanya di dalam doa-doa sudah terarngkai kalimat seperti itu. Tidak akan sulit membacanya dan tidak akan menghabiskan waktu melafalkannya, Namun dengan hati yang ikhlas, insya Allah itu semua akan menjadi sebuah kebiasaan mulia yang sulit dilewatkan.

Oleh karenanya, banyak bersholawat kepada Rosulullah insya Allah kita akan mendapatkan syafaat dari Beliau. Dan tentu saja bukan harapan atau timbal balik, yang membuat kita mengamalkan sholawat, namun karena ketulusan dan keridhoaan hati. Tidak perlu membaca 4444  kali seandainya kita belum mampu. Namun keistiqomahan akan jauh lebih muliah meskipun kita hanya membacanya tidak lebih dari 3 kali setiap selesai sholat fardhu.

Semoga indahnya berbagi, akan membuat kita semakin mengenal Our lovely Islam.🙂

Source : http://www.indospiritual.com/artikel_mengenal-keampuhan-sholawat-nariyah.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s