Jakarta, 1 Muharram 1432 H

Posted: December 7, 2010 in JakartaQ, My Lovely Islam

Di tengah kesibukan dan “keriwehan” kota Jakarta, tak kusangka masih ada nuansa perkampungan betawi yang masih menjunjung tinggi budaya islam, yah lumayan kental menurutku. Dalam rangka memperingati tahun baru Islam yang konon banyak orang mengalahkannya dengan meriahnya tahun baru Masehi, Senopati masih menggaungkan aktifitas islami. Remaja masjid, bapak-bapak, dan beberapa Jama’ah meramaikan masjid dengan gema sholawat. Meskipun tidak lama, namun ini sudah satu “poin plus”. Di tengaj megahnya gedung-gedung perkantoran, Apartemen, Mall, Senopati merupakan kawasan yang tak masih aku kagumi. Meskipun kondisi perkampungan yang betawi banget, namun segi islamiahnya masih begitu tampak.

Yah, berada di tengah Jakarta saat-saat seperti ini, jika tidak diri sendiri mengingatkan, mungkin akan semakin merasa jauh aktifitas-aktifitas seperti itu. Kesibukan yang membabi buta, tempat-tempat yang menggiurkan untuk selalu dikunjungi di hari libur, pusat-pusat permainan, perbelanjaan, hiburan, membuat semakin tergurusnya pemuda yang peduli dengan hari besar Islam. Tapi alhamdulillah, Senopati sedikit mengobati rasa rindu pada kampung halaman jika saat-saat merindukan seperti ini tiba.

Tahun baru Hijriah mungkin bukan patokan pada kebanyakan orang. Tidak seheboh tahun baru Masehi. Di mana banyak kegiatan gemerlap pesona mewah, dan pesta. Setiap orang berbonding-bondong menuliskan harapan dan keinginan, target, penyesalan tahun lampau. Di setiap acara televisi, para artis padat acara interview perihal harapan dan kisah mereka di awal tahun. Apapun itu, meski tak begitu digaungkan, tahun baru Islam juga tidak dilupakan.

Akhir tahun ini, semua sudah berubah dariku. Banyak hal baru datang silih berganti. Dan awal tahun ini, adalah awal tahun kemenangan untuk sebuah perjuangan baru. Siapapun boleh berharap, siapapun boleh “make a wish”, dan siapapun boleh menyusun rencana-rencana indah. Siapapun berhak menggambarkan peta kehidupan, mengubah jalan, sungai, dan gunung pada petanya. Tapi itu hanya sebatas rencana dan gambar manusia sebagai wujud usaha. Dan doa adalah senjata yang tak mungkin kita abaikan. Oleh sebab itu, doa tak akan pernah terpisahkan dengan kita. Selebihnya adalah tawakkal. Biar Allah yang akan menentukan yang terbaik buat kita semua.

Instrospeksi dari yang berlalu selalu penting untuk perbaikan yang akan berlalu. Terkungkung akan yang berlalu, adalah belenggu untuk yang akan berlalu.

Back to nature, Back to Ruktin Handayani like 8-5 years ago….While write this status, I listen beautifull voice from Masjid Senopati. Nice “Qiroah”…When will I learn “Qiroah” together, like 9 years ago? When will I celebrate 1 Muharram like 10 years ago? This life so dinamic, but am I be better than few years ago? God, let me on your street, dont let me far from You….

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW,beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu.
Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah.
Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, Nabi yang Ummi dan ke atas keluarga dan sahabatnya.
 

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.
Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung.
Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.
Mudah-mudahan dengan kita membaca doa akhir dan awal tahun tersebut, Allah selalu memberikan hidayahnya sehingga kita masuk kedalam golongan orang-orang yang beruntung, Amin Ya Robbal Alamin.
Ya Allah Ya Latif, semoga ini menjadi penutup tahun yang Indah, pembuka awal tahun yang Barokah dan menjadikan insan yang Istiqomah di jalanMu..Bismillah untuk perjuangan hidup selanjutnya……..Selamat Tahun Baru Hijiriyah, 1432

# Do’a akhir Tahun:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah Swt. melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw., beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah kukerjakan selam tahun ini dari apa yang menjadi laranganMu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayangMu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untukku, dan Engkau telah mengajakku bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itulah ya Allah, aku mohon ampunanMu dan berilah ampunan kepadaku dengan kemuarahanMu. Segala apa yang telah aku kerjakan selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, aku mohon kepadaMu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amalku dan semoga Engkau tidak memutuskan harapanku kepadaMu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah.

Dan semoga Allah membeirkan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad saw., beserta keluarga dan para sahabatnya.

#Do’a awal Tahun:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah Swt. senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw., beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Ya Allah, Engkaulah yang kekal abadi, yang qadim (dahulu) lagi awal dan hanya kepada anugerahMu yang Agung dan kedermawananMu tempat-tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami mohon kepadaMu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak kepada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepadaMu wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Semoga Allah Swt. senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw., beserta keluarga dan para sahabatnya.

Comments
  1. farida says:

    subhanallah,.. good idea..nice thought..beautiful writing and useful advice especially for me
    Thank’s friend…🙂

  2. ruktin says:

    terimakasih…semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s