Thesis. Ganbareba Dekiru!!!

Posted: June 20, 2011 in Cerita-cerita, motivasi

THESIS. Hanya salah satu istilah untuk sebuah kelulusan jenjang pendidikan, S2. Pada hakikatnya skripsi, thesis, desertasi hanyalah sebuah simbolis kelulusan. Miris juga ketika melihat seseorang tidak bisa lulus hanya karena terhambat thesis. Bukan karena tingkat kesulitan thesisnya yang tidak bisa ditaklukkan, namun karena faktor Profesor pembimbing yang sulit ditemui, susah bagi waktu antara pekerjaan dan konsultasi, dan lain sebagainya. Lebih sadis lagi jika mahasiswa sudah sangat siap untuk diuji, namun tidak mendapatkan persetujuan dari sang Profesor hanya karena tidak memenuhi syarat jam konsultasi. Kesulitan bertemu dengan profesor, tidak jarang menjadikan momok tersendiri untuk para Thesis-er, akhirnya jadilah kata MALAS ke kampus, MALAS bimbingan, MALAS sidang semester ini. Sayang bangettttttt, padahal karya sudah bagus dan sangat layak untuk disidangkan.

Begitulah sindrome saat-saat mengerjakan tugas Akhir. Saya pernah merasakannya. Tapi apapun itu, kita harus menang. Kita harus menjadi pemenang dari penyakit-penyakit dan sindrome itu semua. Melawan rasa malas, rasa kantuk, dan rasa capek adalah derita Thesis. Namun percayalah, itu semua hanyalah sementara. Hanya nyamuk yang numpang lewat sebentar, menggigit lalu meninggalkan rasa gatal, Tapi setelah itu, sedikit digaruk, atau dikasih minyak tawon, sudah hilang tak berbekas. Itu kalau nyamuk, kalau thesis, deritanya akan hilang namun bekasnya akan sangat terkenang sepanjang masa. Bekas-bekas yang indah dan tak akan terlupakan. Secangkir kopi tengah malam, mungkin sudah biasa, setoples cemilan hingga dini hari, mungkin sudah tidak asing lagi, sebatang coklat juga bukan hal yang aneh. Tetapi mengerjakan thesis dengan nada-nada cinta, secangkir teh dengan senyuman manis, sekotak pesan singkat yang indah, dan iming-iming pernikahan di depan mana, itu adalah bekas yang tak akan pernah terlupakan sampai kapanpun. Trust me, It works!😛

Saya mungkin bukanlah solutor dari Thesis Anda. Saya juga bukan jalan yang Anda lewati untuk menuju pintu kelulusan. Tetapi, saya pastikan, You will never walk alone. I am with U. Wherever, whenever you need someone for sharing, i am ready. I will always be there for you. Thesis ini mungkin adalah kunci dari hari bahagia itu. Hari bahagia itu mungkin menjadi motivasi tertinggi berakhirnya Thesis. Apapun itu, yang pasti just do your best. Lakukan semua tanpa beban. Kerjakan dengan penuh cinta. Selesaikan karena semangat kebahagiaan. Bukan beban, bukan tuntutan, bukan paksaan. Ini hanyalah bagian proses, yang layak untuk dinikmati. Semua pasti akan menjadi penambah deretan sejarah yang sangat layak untuk dikenang.

Bagi yang sedang bergulat dan bergelut dengan Thesis, semangat ya. Berjuanglah hingga tidak ada waktu lagi untuk berjuang, hingga berdarah-darah sekalipun. Upayakan hingga detik terakhir, hingga palu penutupan itu diketok. Lakukan yang terbaik, hingga tidak ada lagi yang bisa dilakukan. Dan kita berdoa untuk semua yang sudah diikhtiarkan. Proud of You. Ganbareba Dekiru.

Comments
  1. AMS Rahman says:

    pengalaman saya tesis itu ujian kesabaran, nice post. makasih sharingnya

  2. ela says:

    hehe,mengena banget🙂
    tesis dan iming-iming pernikahan ^_^

  3. Ryani says:

    mbak ela : hehe semoga kepingin beneran🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s