Refleksi Bulan Kelahiranku 1. Silaturahmi Kisah Singkat Itu

Posted: June 28, 2011 in Cerita-cerita, CINTA

Tanggal Merah dalam kalender bulan kelahiranku itu, Kamis 2 Juni 2011. Cuti terpanjang yang pernah aku ambil. Kok bisa pas banget ya? Awalnya hanya berniat untuk urusan formil perkuliahan dan seluk beluk persyaratan untuk Beasiswa itu (Alhamdulillah sangat berjalan lancar, sehari jadi. Terimakasih seluruh jajaran civitas akademika jurusanku tercinta, Pak Yudi, Bu Yuhana, Pak Aji, Bu Tuti, Pak Rahmat, Pak Rektor (Tri Yogi) dan juga yang sangat sabar menemani sepanjang hari itu). Namun akhirnya, menurut saya, hal terpenting dalam liburan cuti ini adalah silaturahmi kisah singkat itu. Memang tidak ada yang sulit bagi Alloh jika Dia berkehendak.

Perjalanan pagi itu sangat saya nikmati. Sepanjang Surabaya diiringi mentari pagi yang hangat, dengan setianya si Merah membawa kami melunjur menapak jalan menuju kota berhias Iman, Gresik. Yah, macet. Tapi tak mengapa, masih banyak jalan menuju Roma. Mungkin sengaja jalan yang sempit itu ingin menjadi saksi perjalanan kami. Menyusuri dalamnya kota Gresik, menghindari si macet. Tak mengapa, saya sangat menikmati.

Rasanya saya ingin selalu bilang, saya takut banget menghadapi hari ini. Tapi bagaimanapun, hari ini harus terjadi. Berasa lebih takut dari pada menghadapi sidang Tugas Akhir dengan dosen penguji paling killer sekalipun. Lebih gugup daripada presentasi di depan Pak Menteri bahkan Presiden sekalipun. Ah, tapi saya sadar, saya sebenarnya sangat berani dan sangat siap menghadapi hari ini. Bukankah ini yang saya inginkan? Ini kan yang saya tunggu sejak dulu? Iya, momen ini, masa-masa ini, bertemu dengan sosok-sosok (baca : orang tua) yang sudah sangat berhasil melahirkan seseorang yang demikian hebatnya. Saya seolah berdebat dalam hati saya sendiri. Antara berani tapi ya takut. Apapun itu, suara lembut nun menenangkan di seberang saya itu, sungguh-sungguh kekuatan bagi saya. “Semuanya akan baik-baik saja dan menyenangkan, saya pasang badan di depan Adek”. Hem, kakak yang baik dan sangat bisa diandalkan. Dia tidak akan membiarkan saya sendirian di medan perang yang sangat diharapkan itu.

Tibalah, 1 km menuju, ½ km menuju. 5 m menuju, akhirnya 1 m menuju garis final. Yah, di sinilah, persis setting di dalam gambaran mimpi saya itu. Ternyata hari ini saya tidak mimpi, this is real, saya berada di sini. Apa yang akan terjadi. Ah, sudahlah pergilah syetan-syetan yang mencoba membuatku takut. Tak bakal engkau bisa mengurungkan niat keberanianku. Saya sudah sangat percaya diri dan yakin bisa melewati momen ini. Pemuda yang sangat bisa saya andalkan sudah sangat berhasil meyakinkan saya, saya pasti bisa, karena saya tidak sendiri.

Melangkahkan kaki dengan penuh percaya diri. Hufft, duduk juga akhirnya di kursi penghormatan itu. Oh, inikah hariku ini? Hampir tidak percaya sih. Tetapi humm sungguh indah hari itu, mengalir begitu santai dan sangat hangat. Perbincangan yang saya bahkan lupa kemana si takut, kemana si nerves, yang ada hanya saya berasa sangat dekat dengan beliau-beliau itu. Rasanya saya ingin di kursi itu terus, tetapi lebih dekat dengan mereka. Tak ingin rasanya mengahiri momen itu. Hem, saya pasti sangat kangen, kangen banget. Saya pasti kembali untuk berbincang lebih hangat, lebih dekat dan lebih lama lagi.

Silaturahmi kisah singkat itu, akhirnya saya rasakan begitu indahnya. Terimakasih seolah sudah menggengam erat jemari saya, mengalirkan kekuatan yang begitu besar, menenangkan jiwa saya yang gundah, berada di samping saya sebagai patner, dan selalu siap di depan saya untuk melindungi.

Refleksi bulan Juni, bulan kelahiranku. Awal yang indah. Terimakasih.

Leave a Reply

