Fase Menikah, Kuliah, Kerja

Posted: October 1, 2011 in Cerita-cerita, Nikah

Mungkin di dunia ini, banyak sekali wanita yang menjalani kehidupan seperti saya sekarang ini. Menikah, kuliah, bahkan bekerja sekaligus. Atau bahkan banyak yang lebih dari itu, menjadi ibu sekaligus misalnya. Terkadang banyak orang bingung memilih, kuliah dulu, kerja dulu, atau menikah dulu?

Jangan berfikir terlalu banyak dan lama untuk hal itu. Stop thinking, then make right decission soon. Well, dan inilah pilihan saya sekarang ini. Keluar dari pekerjaan di kantor lama saya, dan kembali ke kampung kelahiran, lalu menikah dan memulai kuliah S2 saya.

Saya memulai kuliah S2 tepat dua hari setalah akad nikah saya. dan hari ini adalah hampir sebulan saya menjalani hari-hari sebagai istri sekaligus mahasiswa. Mungkin bagi kebanyakan orang, itu adalah hal yang mudah. Tapi bagi saya itu bukanlah hal yang sulit, namun ini adalah kuliah kehidupan yang tidak bisa disepelekan.

Transisi dari masa single, dari kesibukan untuk diri sendiri, pekerjaan, kini saya harus memikirkan keluarga kecil saya, suami saya, keluarga saya, kuliah, dan juga pekerjaan saya. Secara ideal, tentu saja saya tidak pernah terlintas untuk mengorbankan satupun diantara mereka. Berasa ingin merangkul smua tanpa lepas satupun.

Tapi, saya adalah manusia yang belajar. Saya sadar betul akan keterbatasan diri saya, kelemahan saya. Saya harus menyusun prioritas. Saya butuh waktu untuk mengatur semua ini menjadi kebiasaan yang tidak memberatkan, tapi justru menyenangkan.

Jika disuruh memilih, saya akan memilih menjadi istri sekaligus ibu, mahasiswa dan juga wanita yang bekerja. Itu adalah kondisi ideal yang sangat saya harapkan. Tapi seperti biasa, seperti pada umumnya segala hal punya akhir. Semua pasti ada saat-saat pertama. Saat ini saya sangat menikmati saat-saat pertama saya menjadi istri dan mahasiswa. Dua hal itu adalah prioritas saya. Dukungan suami adalah kekuatan bagi saya. Tanpanya mungkin saya tidak akan bisa menjalani semuanya dengan baik.

Menjadi istrinya (baca : istri Abdul Malik Sr), adalah sebuah kebanggan dan hal yang sangat menyenangkan untuk dijalani. Hari-hari yang penuh dengan canda, cinta, kasih, perhatian, diskusi, masak bareng, makan bareng, semuanya bareng dalam kehalalan. Itu semua tidak akan pernah terjadi tanpa pernikahan sakral itu. Melayani dan dilayani suami, membahagiakan dan dibahagiakan suami, mengerti dan dimengerti suami, menghibur dan dihibur suami. Yah, menjalani peran sebagai istri yang tidak akan mudah tanpa ilmu. Saya masih harus banyak belajar mencapainya.

Menjadi mahasiswa (baca : S2 T. Infor), sebagaimana diketahui bagaimana kuliah di bidang itu. Tanpa dukungan suami, mungkin saya sudah banting stir berpaling ke bidang yang lain. Mata kuliah yang bagi saya tidak mudah, tugas yang berantai, mungkin akan menyita banyak waktu saya. Perjalanan kuliah dari Lamongan-Surabaya tak akan terasa jika smua dijalani dengan senang. Berangkat pagi buta dengan semangat suami, dan seringnya sarapan sudah siap dilahap, pulang dengan sambutan senyum indahnya. Sekali lagi, semua tidak akan bisa saya jalani tanpa keberadaannya di sisi saya. Terimakasih!!!

Lalu bagaimana dengan karir saya (baca : karir formal)? Sambil jalan, saya akan menyusun tangga-tangga menuju puncak karir saya. Pelan tapi pasti, dan semua itu adalah proses, tidak ada yang sia-sia. Jika saya sudah yakin, siap dan menurut saya sudah tepat waktunya, maka akan terbitlah fase MKK (Menikah, Kuliah, Kerja).

Mohon doanya agar ketiga fase itu bisa saya raih dan saya perankan dengan sebaik-baiknya.

Comments
  1. Alfiyan says:

    Suangar wak…. salute…🙂

    btw, blogmu pindah maneh nang WordPress tah?

  2. wanda says:

    smangattttt ^_^
    ganbatteam forever😀

Leave a Reply

