Pemuaian Hati

Posted: January 26, 2012 in motivasi
Tags: , ,

Mungkin hanya dua hal yang secara spontan dapat menciptakan mod seseorang. Rasa sakit dan Rasa senang. Iya dua rasa itu memang sungguh hebat bisa mengalahkan segalanya dan bahkan membuat sesorang akan melawan segala hal yang menjadi penghalangnya. Rasa senang karena cinta akan membuat seseorang rela berkorban berjuang untuk mengabadikan cinta itu. Rasa sakit karena penghinaan, keterpurukan, kemiskinan, penindasan, bahkan dapat pula menjadikan seseorang bangkit dari lumpuhnya.

Dua rasa yang berlandaskan emosional itu memang hebat bukan? Mati-matian seseorang yang tak memiliki mod, tak memiliki daya apapun akan berjuang menciptakan mod dalam dirinya, hanya untuk apa? Hanya untuk survive dalam hidupnya, apapun itu. Survive berkarya, bangkit dari keterpurukan, bertahan dengan kebahagiaan, bebas dari rasa sedih dan lain sebagainya.

Dua rasa itu saling berlomba menguasai hati manusia. Hem, saya sendiri merasakan betapa lemah dan kecilnya saya sebagai manusia. Terkadang saya berada dalam rasa senang, terkadang pula saya berada dalam rasa sakit. Padahal kedua rasa itu bersemayam dalam hati yang sama. Lalu apakah itu hanya perasaan saya saja? Yang mana sebenarnya dua definisi sakit dan sedih itu hanyalah emosiaonal sesaat. Sesaat ketika ada kejadian yang sesuai dengan harapan kita, sesaat ketika ada kejadian yang tidak sesuai dengan harapan kita.

Tapi sepertinya hanya satu yang dapat saya simpulkan. Pengendalian diri. Terkadang apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan realita sebenarnya, dan sebaliknya. Dari situlah jiwa dan hati yang tidak terkendali akan semakin memuai dan berlomba menciptakan suhu dingin dan panas. Manakan yang lebih cepat kita kendalikan itulah yang menang.

Kadang kita tidak bisa mengendalikan hati sehingga lisan membantu mengekspresikan dengan kalimat bodohnya itu. Lisan begitu mudahnya terpancing ketika suhu hati sudah tak dingin lagi. Sederetan kata-kata yang tak layak dengan mudahnya terlontar. Astaghfirulloh, mudah-mudahan selalu terjaga. Dan jagalah kami dari golongan yang tersebut.

Mudah-mudahan pesan yang tersampaikan.

Comments
  1. AMS Rahman says:

    like disss. semoga kita terjauh dari itu. amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s