Ademnya Bedak Beras

Posted: April 18, 2012 in Keluarga, Sehat dan Cantik

Awalnya aku mengetahui jenis bedak ini ketika sedang sharing dengan seorang teman. Dia memberi aku saran untuk menggunakan bedak beras ini sebagai masker pendingin setelah menggunakan olesan bawang putih dan madu di bekas luka. Aku juga praktis tinggal memakainya karena madu asli dan bedak berasnya sudah dipaketin olehnya. Makasih kawan, Ade Erma Suryani.

Aku bertanya padanya, dari mana dia memperoleh bedak tradisional tanpa efek samping itu? Dia mengatakan bahwa bedak tersebut cukup mudah didapat karena pasar tradisional dekat dengan tempatnya bekerja menjual bedak tersebut. Sedangkan di Jakarta, aku malah tak tahu mencari di mana, aku rasa di pasar tradisional dekat tempat kosku pun tak ku jumpai.

Setelah migrasi ke kampung halaman, aku memiliki seorang tetangga sebaya denganku. Kami sama-sama pasangan mudah pula. Di kala senggang, kami kadang menghabiskan waktu untuk memasak, mencoba resep-resep sederhana, membuat kue, jajanan ringan, camilan, dan juga membuat masker beras. Tetanggaku itu tertarik dengan sisa masker butiran berasku. Setelah mencobanya, dia akhirnya memutuskan untuk mencoba membuat sendiri.

Buat apa sih bedak beras ini? Hem, selain dapat mendinginkan kulit, mungkin bedak beras ini juga dapat mencerahkan kulit, menghilangkan jerawar, dan juga memperhalus kulit. Ya semua asalkan rutin aja memakainya. Yang paling penting, aku rasa tanpa efek samping, karena bahannya yang alami, cukup dari beras saja. Selain itu juga murah, dan mudah dibuat bagi yang mau mencoba. Oh ya satu lagi, bedak beras ini biasanya di desa-desa, digunakan untuk bedak bayi. Katanya sih dapat menghilangkan biang keringan, menghilangkan lipatan merah-merah pada kulit bayi, adem dan nyaman buat si baby. Hem, mau mencoba??? Hehehe…

Ada beberapa versi cara pembuatannya. Versi teman yang pertama kali memperkenalkan ke aku, konon ini resep didapat dari neneknya, hehehe. Berikut liputannya!!

–          Beras di rendam selama 7 hari 7 malam (beuh kayak ritual adat keraton wae), tiap hari airnya diganti dan berasnya diremas-remas sampai hari ke-7, Beras akan menjadi halus, dan jangan kaget, karena baunya menjadi tidak enak seperti busuk.

–          Kemudian beras tersebut disaring menggunakan kain dan diperas hingga airnya habis

–          Air perasan tersebut diletakkan di sebuah wadah (ex : baskom) dan jangan dibuang

–          Tambahkan air lagi seperti memeras santan hingga ampasnya bening.

–          Air hasil perasan diendapkan selama 1 hari  1 malam (nah lho ritual lagi, hehe)

–          Jika sudah mengendap, air yang bening di bagian atas dibuang, sampai tersisa endapanya saja

–          Diamkan lagi endapan tersebut sampai seperti adonan kanji kira-kira i hari  1 malam (ritual lagi deh)

–          Setelah itu bentuk bulat-bulat dan jemur sampai kering

–          Untuk menjemur, gunakan bunga kenanga yang tua agar wangi,

Wah, setelah mengikuti langkah-langkahnya, pasti sudah capek ya mendengar ritualnya yang kurang lebih 3 kali tadi. Tapi tenang, ritual itu benar-benar membuahkan hasil. Bedak beras yang sudah terbentuk dapat tahan berbulan-bulan dan tidak akan busuk. Hasilnya putih dan wangi. Apalagi kalau dimauskin di dalam lemari es. Tanpa dimasukin saja awet.

Lihat bedanya dengan versi anak muda, versi tetanggaku. Sangat praktis dan mudah dibuat, cepat, tanpa ritual adat. Namun sepertinya hasilnya tidak dapat tahan lama, mudah membusuk apalagi kalau tidak disimpan di dalam lemari es. Berikut liputannya!!!

–          Beras direnda 3 jam saja

–          Blender dengan menggunakan sedikit air

–          Bentuk bulat-bulat kecil

–          Jemur

Bagaimana?? Singkat kan? Silahkan pilih yang mana sesuai dengan selera, dan rasakan khasiatnya. Selamat mencobaJ

 

Comments
  1. arie says:

    makasih ya infonya….tips yang sedang aku cari daripada beli bedak udah mahal , ngga sehat lagi:)

  2. hardijumaidi says:

    nice post mbakk…^__^

  3. annissa says:

    Kak jemurnya sampai berapa jam?

  4. apakah bedak beras kalau di pakai secara rutin akan membuat wajah menjadi putih??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s