Bilqis Bimantara Agni M

Posted: July 14, 2012 in Putri Kecilku

Gampang-gampang susah memang mencari nama yang indah lafalnya dan maknanya. Setiap orang tua berkewajiban memberi nama yang bagus untuk anaknya. Jika tidak bisa memberi nama yang bagus, mintalah bantuan kepada orang yang dianggap mengerti. Betapa berkesannya jika nama itu adalah pemberian kedua orang tua. Betapa bangganya jika nama itu memiliki filosofi dan makna  yang begitu mendalam. Betapa senangnya jika terdengar, namanya cantik secantik hati dan wajahnya. Itulah sebabnya gampang-gampang susah mencari nama.

Mungkin sebagian orang tua sudah mengumpulkan koleksi daftar nama-nama, atau bahkan sudah terinsiparasi beberapa tokoh yang dikagumi. Yang pasti sebagian besar orang tua sudah tentu memepersiapkan dua nama untuk penyambutan buah hati mereka. Sama halnya dengan saya dan suami. Kami juga ingin yang terbaik untuk buah hati kami, termasuk dalam hal nama. Kebetulan kami hanya mempersiapkan satu nama untuk perempuan. Entah kenapa untuk nama laki-laki kami belum memiliki inspirasi yang bagus. Alhasil hingga buat hati kami lahir, nama untuk laki-laki belum juga ada. Namun alhamdulillah memang nama yang kami persiapkan ternyata menjadi miliki buah hati kami ini, perempuan.

Pada hari ke-7 kelahiran, prosesi pemberian nama memang belum dilaksanakan. Hanya ada kondangan kecil. Prosesi pemberian nama disepakati dilaksanakan pada hari ke-14 bersamaan dengan Aqiqah yang kali ini dilaksanakan di rumah kami sendiri. Beberapa saudara dekat dan tetangga satu RT menjadi saksi peresmian nama putriku. Musik terbang yang menjadi iringan sholawat nabi dibawakan oleh santri pesantren paman kami dari Malang.

Dan akhirnya kami memberinya nama “Bilqis Bimantara Agni M”. Terkandung makna dan harap yang begitu besar dalam barisan nama itu. Tertuang segenap doa dari kami dalam ukiran nama itu. Dan tersimpan filososi penuh makna dalam deretan nama itu. Bilqis adalah seorang ratu. Putri kecilku dialah kelak menjadi seorang wanita. Mudah-mudahan dia ibarat seorang ratu yang dihormati dan disanjung, yang memiliki derajat tinggi di mata Alloh. Ditinggikan derajatnya dan dimuliakan hidupnya. Bimantara adalah seorang kesatria yang memiliki ilmu yang paling sempurna diantara kesatria yang lain. Semoga putriku akan memiliki ilmu yang mendekati sempurna dan selalu mengudara dalam arti ilmu yang bermanfaat. Agni dalam bahasa Jawa adalah api, yang diartikan orang yang penuh semangat. Sedangkan Agni dalam bahasa Arab adalah Orang yang dicukupkan atau Orang yang kaya. Semoga putriku kelak menjadi seorang wanita yang selalu penuh dengan semangat mencari ilmu yang sempurna dan juga selalu dicukupkan dalam hidupnya sehingga dapat berguna dan selalu membantu sesama.

Singkatnya, Bilqis Bimantara Agni adalah seorang wanita yang memiliki semangat tinggi dalam mencari ilmu yang sempurna. Mudah-mudahan nama ini adalah nama yang tepat untuk putri kecilku pertama ini. Semoga harap dan asa dalam makna yang terkandung dalam namanya, selalu menjadi doa yang senantiasa diijbahi oleh yang Maha Pemberi Ruh. Amien.

Comments
  1. fie says:

    salam kenal mb ruktin….
    yups…. nama adalah harapan dan doa:)
    recomended buat mb ruktin tuk gabung dg AIMI(Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia).
    insyaALLAH bermanfaat pa lagi buat mb yang baru melahirkan:)

  2. habib says:

    Smga menjadi seorang yg sehebat ibunya dan secerdas ayahnya. Wis iso opo iki bilqis?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s