MPASI Dini, Haruskah?

Posted: December 7, 2012 in Putri Kecilku

Saya sungguh tak tega melihatnya. Kami semua lebih tepatnya, tak kuasa melihat muka pengennya alias mupengnya ketika melihat makanan. Lebih lebih ketika melihat kami makan. Dia begitu antusias melihat. Setiap kali segala sesuatu yang didekatkan di mulutnya, hampir saja dimakan, setiap diberi stimulus ditangannya, segera disabet dan ingin dilahap. Dia begitu anteng melihat bunda dan ayahnya makan. Kami sungguh tak tega, sungguh tak tega.

Semua ciri-ciri bayi siap mpasi sudah ada pada bilqis dalam usianya kini, 5 bulan. Dikasih makan sekarang juga ga akan berbahaya. Begitu komen semua anggota keluarga kami. lihat saja orang jalan dulu, 2 bulan sudah dikasih makan. He he, saya hanya bisa bilang, sabar sebentar lagi juga akan saya penuhi hak bilqis untuk menikmati makanan keluarga. Toh ini semua demi kebaikan bilqis. Kita harus menghargai berkembangnya penelitian dan teknologi. Kalau dulu bayi usia 2 bulan diberi makan adalah suatu hal yang lumrah, itu karena hasil penelitan belum tersosialisasikan dengan baik. Kesadaran masyarakat belum gencar. Begitulah tiap kali saya menguatkan diri mempertahankan asi ekslusif.

Kadang juga sempat terlintas dalam benak saya, haruskah saya harus berikan MPASI dini menimbang dan melihat bilqis yang sepertinya sudah siap MPASI? Hem, saya perkuat lagi browsing, baca baca dan sharing dengan pakar. Alhamdulillah akhirnya saya akan mempertahankan bilqis untuk dapat lulus asi exklusif 6 bulan. Pertimbangan itu didasarkan pada 6 bulan adalah usia yang matang untuk kesempurnaan pencernaannya. Selain itu, sekalipun sekarang bilqis sudah memenuhi kriteria bayi siap mpasi, nantinya setelah bulan ke 6 dia akan lebih siap lagi untuk MPASI sehingga tidak akan rewel dan lebih mudah beradaptasi.

Dengan sisa waktu yang ada, saya sebagai bunda, mempersiapkan diri dan menggalih pelajaran yang lebih untuk MPASI. Mulai dari jadwal menu, variasi menu, bahan untuk MPASi, cara membuat dan menyajikan MPASI, hingga budaya untuk MPASI. sejauh ini status pelajarannya adalah dalam tahap pembelian tepung beras merah gasol dan kursi makan tipe booster khusus bayi. Bagaimana menurut Bunda semua?apakah tepung gasol adalah material yang tepat? Dan perlukah kursi makan bayi itu dibeli? Dan jika perlu, apakah booster adalah tipikal yang baik?

Dear bunda, semoga keputusan untuk tidak MPASI dini adalah keputusan yang cerdas. Semoga semakin hari semakin hebat generasi muda kita. Amien

Leave a Reply

