Ikan pertama bayiku

Posted: March 13, 2013 in Putri Kecilku

Berdasar yang saya baca, memberi asupan ikan pada bayi sebelum 9,5 bulan usianya, dapat menghindarkan bayi dari asma dan gangguan pernafasan lainnya. Dari situlah setelah diperkuat dengan sharing teman-teman seperjuanganku para ibu masa kini, akhirnya 2 hari lalu saya mencoba berbagi ikan bandeng dengan putriku, bilqis.

Mengapa harus bandeng? Selain karena mudah didapat di daerahku, bandeng adalah ikan favorir pertamaku. Konon katanya ikan ini memiliki omega 3 lebih tinggi dibanding si salmon. Hem, bagi yang pengen banyak anak, ikan satu ini bisa lho diajak kompromi. Begitu kata orang jawa sampe – sampe aq harus rela menjauh darinya hingga 6 bulan pasca melahirkan. Hem, nyesel juga baru tahu alasannya sekarang xixixixi.
Baiklah, kisah sukses saya berbagi bandeng dengan bilqis didukung oleh suami. Ibu saya saja tidak setuju dengan hal ini. Untungnya ceritanya setelah dilakoni saja. Mungkin alasan klasik aneh-aneh saja bayi makan ikan. Nanti bisa amis, kena duri dll. Syukurlah ibu selalu menghormari setiap metode saya merawat bilqis. Setelah dijelaskan logis, toh akhirnha didukung pula. Mengubah paradigma dan mind set kadang susah, tetapi bisa kan?
Saya mengolah bandeng untuk bilqis sederhana saja. Kalau untuk keluarga, otomatis digoreng pasca dibumbu. Untuk bilqis, cukup dikukus pasca dibersihkan. Setelah itu saya cincang halus dan pastikan tak ada duri tersisa. Dilengkapi dengan sayur bayem dan labu. Alhamdulillah bilqis kooeratif menyambut menu baru mommy nya ini.
Terus lahap ya nak makannya, untuk petumbuhan yang sempurna.

With love.

Leave a Reply

