30 Minggu Berlalu Aman

Posted: September 29, 2015 in Cerita-cerita

Lebih tepatnya 30 minggu 3 hari, menurut perhitungan dokter melalui teknologi USG nya. Mungkin tidak terasa bagi kebanyakan orang sekitar bahwa 10 minggu lagi saya akan tiba di minggu persalinan. Namun minggu-minggu yang saya alami adalah sangat berarti dan berlalu detil. Saya menikmati setiap detik bersama ketiga buah hati saya, termasuk yang sekarang masih belom bisa lihat rupa dan cakapnya. Hem, tumbuh dan berkembang dengan jarak dekat bersama kedua kakak perempuannya, saya yakin ini adalah nutrisi tersendiri untuk jagoan kuatku yang masih di dalam rahim hebat ini. Alhamdulillah, Alloh telah mempercayakan kepada saya dan suami anugerah indah ini untuk ketiga kalinya. Semoga kami senantiasa bisa menjaga dan menjadi pemegang amanah yang amanah.

Jadi ceritanya ini adalah kehamilan ketiga bagi saya. Putri pertama saya berusia 3.3 tahun alias 39 Bulan, kami memanggilkan “Be”, dan putri kedua saya berusia 17 bulan, kami memanggilnya “Alea”, dan insya Alloh putra ketiga kami yang masih menempa dirinya sekrang berusia 30 minggu. Mungkin ini tampak esktrim bahkan aneh bagi lingkungan sekitar saya, atau bahkan ada yang beranggapan bahwa ini berat bagi saya, atau apapun komentar negatif di luar sana. Namun Alhamdulillah itu semua adalah asupan nutrisi yang selalu saya anggap bergizi hingga akhirnya 30 week ini berlalu AMAN. Ya, mungkin lain waktu saya akan berbagi bagaimana hari-hari saya selama 30 week ini.

Nah, sekarang kita intip yuk, apa yang terjadi di 30 week bagi saya dan jagoan saya di dalam rahim.

Perkembangan janin Ibu sekarang sudah mencapai berat 1,4 kg dan panjang 40-41cm. Otaknya berkembang pesat di minggu ini, dan lapisan lanugo (bulu halus yang melindungi tubuh janin) akan mulai menghilang. 80% waktunya kini dihabiskan untuk tidur dan bermimpi. Janin Ibu masih berputar secara teratur. Mungkin posisi kepala sudah di bawah atau bahkan posisi sungsang. Di usia 32 minggu, hanya tiga dari empat janin yang berputar ke posisi tepat saat persalinan, dan 3-4% sisanya ada pada posisi sungsang (1).

Lalu apa yang dialami oleh Ibu? Nah, karena perkembangan bayi semakin besar, maka otomatis akan sangat berpengaruh bagi kondisi ibu, ini persis dengan yang saya alami.

Pada minggu ke 30 biasanya rahim Anda akan lebih luas dan semakin meluas sampai ke dasar sangkar rusuk. Selain itu hal yang akan terjadi adalah hormon-hormon semakin melunak sehingga akan melonggarkan jaringan-jaringan penghubung di dalam tubuh Anda untuk mempersiapkan tubuh saat momen kelahiran tiba. Saat itu mungkin Anda akan merasakan sakit di bagian pinggang. Biasanya dirasakan hanya pada satu sisi, dan terkadang rasa nyeri juga akan Anda rasakan di daerah punggung karena rahim yang semakin lama semakin berkembang. Rasa nyeri terkadang juga akan Anda rasakan pada pergelangan tangan Anda.

Berat janin yang semakin hari semakin bertambah bisa juga membuat syaraf pergelangan tangan Anda menjadi tertekan. Beberapa gejala yang akan Anda rasakan seperti merasa kebas, geli atau nyeri di sekitar tangan Anda. Bahkan 25% wanita hamil terkadang mengalami sindrom lorong karpal. Terkadang Anda juga akan merasakan geli di tempat lain selain pergelangan tangan Anda. Hal ini diakibatkan karena perkembangan janin 30 minggu yang mengakibatkan berkembangnya rahim mungkin bisa menekan syaraf yang terhubung dengan lengan dan tungkai Anda.

Selain itu perkembangan janin minggu ke 30 juga terkadang mengakibatkan sesak napas, karena rahim juga bisa menekan diafragma Anda dan keluar dari tempat aslinya. Saat itu mungkin Anda bisa merasa bahwa seolah-olah Anda tidak mendapat suplai udara yang masuk ke dalam tubuh Anda dan Anda tidak bisa bernapas dengan bebas. Akan tetapi yang harus Anda ketahu adalah bahwa dorongan progesteron pada tubuh Anda, ternyata bisa membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak udara saat bernapas ketimbang saat Anda sedang tidak hamil (2).

Ya, itulah salah satu nikmat yang pasti dialami oleh ibu hamil. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada suami, ibu saya, anak-anak saya, dan seluruh keluarga yang selalu menjaga dan melimpahkan kasih sayangnya kepada saya. Semoga semuanya lancar hingga persalinan dan berjalan semudah anak pertama dan kedua. Amin. See U!!!

  1. http://www.nutriclub.co.id/kategori/kehamilan/kalender-kehamilan/minggu-ke-30 : 29-09-2015:04.46 WIB
  2. http://dedaunan.com/fase-perkembangan-janin-30-minggu/ : 29-09-2015:04.46 WIB

 

 

Leave a Reply

