Dongeng, Asupan bergizi Menjelang Tidur

Posted: October 1, 2015 in Cerita-cerita

20151001010722Saya sengaja belum mulai memberi materi membaca untuk putri pertamaku (Bilqis (Bee)/3,3 tahun). Mengenalkan huruf pun masih belum secara khusus. Mungkin sesekali saja ketika di sela-sela aktifitas utama lainnya. Banyak teman yang memberikan tawaran media pembelajaran untuk pintar membaca, namun sampai hari ini saya belum tertarik. Kegiatan saya bersama bilqis masih seputar bermain, bernyanyi dan ekspresi diri. Saya masih terus menggali bakat dan kecintaan Bee terhadap sekitarnya. Pembentukan karakter menjadi target pembelajaran saya hingga saat ini. Ya, ternyata selama ini Bee suka sekali terhadap cerita dan dongeng.

Dia sangat antusias mendengar berbagai macam cerita dan kisah baik spontan dari saya, ataupun dari buku atau juga video. Tidak hanya satu arah, Bee selalu merespon dengan baik apa yang dia dengar. Dia selalu aktif bertanya, sesekali protes, atau bahkan menirukan dan berbagi cerita yang diperolehnya dengan gaya bahasanya sendiri.

Ya, sekarang ini Bee sudah mengerti bagaimana memelihara dan menjaga buku-buku koleksinya. Dulu setiap mendapat buku baru selalu tak bertahan lama baik rupa maupun bentuknya. Entah karena coretan di mana-mana, karena sobekan sana sini atau bahkan karena bantingan dan sejenisnya. Beberapa waktu terakhir saya sengaja menambah koleksi buku buat Bee. Beberapa buku hardcover bertema wawasan atau dongeng beralur. Setiap menjelang tidur, Bee minta dibacakan dongeng dari buku-buku yang disukainya, bahkan jika ada kesempatan berlebih, selalu dia manfaatkan untuk membuat mamanya bercerita tiada henti.

20151001010713Sebagai ibu, ini adalah rutinitas yang juga selalu saya rindukan. Saya merasa bahagia manakala waktu-waktu pemberian asupan bergizi seperti ini bisa saya berikan setiap saat. Bagi saya, ini adalah momen yang sangat berarti buat si kecil, di mana dari berbagai dongen dan cerita yang kita sajikan ternyata karakter hebat akan terbentuk di sana. Media seperti ini sangat ampuh untuk pembentukan karakter si kecil. Secara tidak langsung, mereka akan mengikuti apa yang kita katakan disetiap tutur dongen yang kita ucapkan. Jangan lupa ya mom, ekspresi ketia membacakan dongen akan membuat si buah hati semakin ketagihan dengan nutrisi yang kita berikan. Semoga bermanfaat!!!

Leave a Reply

