Mahasiswa Butuh Diapresiasi

Posted: October 12, 2015 in Cerita-cerita
Tags: , ,

image

Fenomena ini mungkin jarang dialami oleh dosen di PTN maupun PTS yang sudah mapan. Ya inilah yang saya alami. Sebagai dosen baru di universitas yang baru saja berdiri, berjuang keras adalah satu-satunya cara untuk mencetak prestasi kampus. Mungkin akan menjadi mudah atau malah menjadi tantangan tersendiri. Karakter dan input mahasiswa sangat berpengaruh.

Sebagai alumni kampus yang sudah tenar dengan prestasinya, hehe sedikit narsis dan sangat bangga dengan almamater, mana lagi kalau bukan ITS Surabaya, saya dan beberapa dosen lain mungkin sedikit idealis, ingin mencetak prestasi sebaik-baiknya bersama anak didik di kampus dalam waktu secepat mungkin.  Namun apa boleh buat, keinginan dan semangat kami tak sejalan dengan kemampuan mahasiswa. Bukan berarti mereka tidak bisa, ya mereka pasti bisa, hanya saja butuh lebih banyak waktu dan kerja keras, kemauan dan semangat layaknya kami dulu ketika menjadi mahasiswa.

Mahasiswa kami mungkin bukan mahasiswa terpilih dari sekian mahasiswa yang masuk perguruan tinggi tahun ini. Bisa jadi mereka adalah yang kurang beruntung masuk di perguruan tinggi favorit, atau mereka yang tidak lolos seleksi, bahkan mereka mungkin menjadikan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) ini sebagai pilihan terakhir. Apapun itu, resiko ini memang sudah kami bayangkan sebelumnya. Kami juga sudah memiliki mekanisme.dan standar tersendiri untuk menerima mereka bergabung sebagai mahasiswa. UISI yang berdiri kuat dibalik kokohnya PT. Semen Indonesia tidak cukup untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa kami adalah perguruan tinggi yang bisa diandalkan untuk mendidik dan mengantar putra putri harapan bangsa untuk menjemput nasa depan yang cerah, tanpa ukiran prestasi nyata. BUTUH WAKTU, ya dan tidak hanya waktu namun KERJA KERAS dan PERJUANGAN untuk mencetak prestasi mahasiswa, dosen, dan seluruh jajaran perguruan tinggi ini.

Lalu dari mana memulainya?
Dari diri kita sendiri. Ya, dari diri saya pribadi. Saya harus memberikan upaya terbaik saya untuk tak henti-hentinya memunculkan semangat dan motivasi mahasiswa untuk terus berkarya dan berprestasi. Mungkin ada yang bilang ini terlalu dini untuk berharap lebih kepada mahasiswa yang baru seumur jagung mengenyam pendidikan tinggi, belum lagi melihat input yang ada. NO, bagi saya tidak ada yang mustahil. Kalau di kampus pada umumnya kita berikan waktu, tenaga dan pikiran kita hanya dengan satu hari, maka di sini kita berikan 2 hari bahkan lebih. Mulai menghargai mahasiswa, apresiasi karyanya sekecil apapun, dan dukung untuk terus melakukan penyempurnaan, sampai akhirnya mereka percaya diri dan bangga pada diri sendiri

Semalam saya mendapatkan coretan kecil dari  dua sosok mahasiswa. Mereka menunjukkan kepada saya upaya untuk berkontribusi untuk program studi kami, Informatika. Saya tidak pernah meminta secara explisit. Namun saya selalu memberikan motivasi agar mereka mulai berkarya sekecil apapun. Mereka mulai berfikir apa yang bisa mereka berikan untuk prodi mereka. Ya sekedar inisiatif membuat usulan logo, bagi saya bukan soal bagus atau tidaknya, bukan perkara nanti mau dipakai atau tidak, tapi inisiatif mereka adalah bagai embun penyejuk di saat dahaga. Di saat kami sempat hopeless dengan kondisi. Di saat kami pernah pesimiss dengan kenyayaan yanh ada. Saya bangga dan saya apresiasi hal itu. Dengan penuh pengharapan, ini adalah bentuk nyata kepedulian seorang mahasiswa yang itu berarti dia sudah satu langkah lebih maju. Terus berkarya anak-anakku.

Bukan hari ini kita akan memetik hasil kerja keras tapi keberhasilan suatu hari adalah jerih payah kita mulai hari ini.

Akhir-akhir ini saya memang begitu getol mencari bibit mahasiswa yang bersedia diajak lari lebih dari biasa, melek lebih dari biasa, dan berfikir lebih dari biasa. Saya yakin mutiara akan ditemuian di UISI. Semoga apa yang kita lakukan senantiasa bermanfaat bagi sekitar.

Jangan pernah bertanya apa yang negara berikan untukmu, namun bertanyalah apa yang sudah kamu berikan untuk negara. -John F Kennedy-

UISI – Crafting the excellence

Leave a Reply

