Pelatihan Menulis, Asupan Bergizi Para Pemuda

Posted: October 15, 2015 in Cerita-cerita, motivasi

Saya selalu bilang kepada mahasiswa saya, bahwa percuma kita pintar atau memiliki segudang pengetahuan dan karya namun itu hanya berhenti pada diri Anda sendiri. Anda yang membuat dan pada akhirnya hanya Anda yang mengetahui. Lalu tetiba ketika suatu hari ada orang lain yang mematenkan karya serupa, anda berteriak dia seorang plagiat. Ya, jangan sampai itu terjadi pada kita, terutama seluruh pemuda usia produktif.

Sudah saatnya kita tidak lagi berdiam dengan alasan tidak mau sombong, ingin rendah hati atau tidak ingin nampak pamrih. Sudah saatnya negeri ini dipenuhi dengan pemuda-pemuda yang sombong akan karya hebatnya, pemuda yang berani menyebutkan namanya di telinga dunia. Ya, saatnya kita untuk percaya diri dengan sekecil apapun hasil karya kita. Jangan sampai kita membuat namun akhirnya negeri orang yang lebih dahulu mendapatkan pengakuan.

Kita berkarya, kita bangga, dan kita percaya diri demi Indonesia

Berangkat dari alasan di atas, rasanya yang paaling tepat didapatkan oleh pemuda kita adalah pelatihan untuk menuliskan apapun ilmu pengetahuan dan hasil karya mereka. Banyak sekali orang pintar dan penuh karya yang tidak mampu mengabadikan hasil karyanya secara tertulis. Kebiasaan menuliskan dan mendokumentasikan hal tersebut memang membutuhkan kebiasaan yang tidak bisa instan.

Jadi, saya menganggap pembekalan untuk dapat menulis dengan terampil adalah menjadi penting untuk diberikan kepada generasi muda. Menebarkan virus menulis, memberikan media-media dan pengetahuan bahwa betapa besarnya manfaat menulis sangat perlu digalakkan oleh siapapun terutama kalangan akademisi. Pelatihan menulis akan menjadi asupan bergizi bagi pemuda Indonesia. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah memperkenalkan dan membiasakan diri untuk memiliki blog dan merawatnya setiap hari dengan tulisan-tulisan ringan yang bermutu, niscaya ini akan menjadi pola menulis yang sehat yang akan melahirkan tulisan-tulisan besar kelak.

Ayo menulis sejak dini, dari kita untuk dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s