Kreasi Kostum Karnaval untuk Budaya Indonesia

Posted: October 17, 2015 in umum

image

Ini dia satu lagi yang membuat saya bangga. Mahasiswi satu ini sungguh multitalenta. Tidak berasal dari jurusan Desain, fashion atau sejenisnya. Namun hal ini tidak membatasi dirinya untuk terus berkarya dan mengembangkan bakat yang dimilikinya. Jurusan teknik telah menjadi kekuatan baginya, mencetak pola pikirnya untuk lebih kreatif, lebih terampil dan lebih maksimal dalam mengembangkan karyanya.

Berkarya itu luas, jangan sampai bidang formalmu menghalangi bakat hebatmu. Ekspresikan semua yang kamu punya.

Tidak pernah bertendensi apapun, tidak pernah pamrih, semua dilakoni dengan ikhlas dan suka cita. Ya, Fanny Gian Maya Sari (Program Studi Manajemen Rekayasa, Universitas Internasional Semen Indonesia-UISI) dengan bakatnya membuat desain kostum karnaval yang selalu mengusung tema budaya daerah yang sudah asing bagi generasi muda. Dia membangkitkan lagi pengetahuan budaya yang tenggelam melalui glamournya kostum ciptaannya.

Beberapa kali ditolak saat mempresentasikan hasil karyanya kepada dinas setempat. Namun dia tidak putus asa. Setiap ada kesempatan atau even yang memungkinkan untuk parade kostum, dia selalu menunjukkan kebolehannya.

image

Bagi saya, karya seperti ini perlu dibawa ke kancah internasional. Membawa dan melestarikan sebuah budaya kearifan lokal daerah dan juga memperkenalkan kepada dunia kekayaan budaya Indonesia melalui desain kostum yang unik, menarik, dan selalu berbeda. Masyarakat bahkan dunia pasti akan tercengang betapa melihat betapa kayanya kebudayaan Indonesia. Dan melalui seni kostum karnaval ini, pasti mereka akan selalu mengenang dan mengingat apa saja budaya milik Indonesia.

Seni itu indah, seni itu tanpa pamrih. Melalui seni seseorang akan merass bahagia dan puas. Mari berkarya melalui seni dan hati yang tulus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s