Cinta untuk Negeriku, Indonesia

Posted: October 18, 2015 in motivasi

Adakah yang hari ini merasa tidak bisa makan dengan tenang, tidur dengan nyenyak, berjalan dengan nyaman, berlari dengan kencang, bernafas dengan lega? Singkatnya, adakah yang tidak bisa menikmati weekend ini dengan adem ayem? Rasanya itu mustahil terjadi di negeri tercinta ini, Indonesia. Negeri yang aman, damai, gemah ripah loh jinawi akan senantiasa memberikan hijaunya penghidupan bagi siapa saja rakyatnya yang mau berusaha dan selalu bersyukur. Dari sabang sampe merauke, kita bisa mendapatkan apa saja yang kita inginkan asalkan ada kemauan keras. Semua karena Indonesia. Ya, Indonesia!!!! Saya merasa bersyukur, bangga dan bahagia menjadi bagiannya.

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu
Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia raya
Indonesia raya merdeka-merdeka
Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia raya merdeka-merdeka
Hiduplah Indonesia raya

Betapa lagu itu sungguh penuh makna. Kita patut berterimakasih dan bersyukur bisa mendengar indahnya lantunan lagu dengan sejuta hasil perjuangan. Tanpa lagu itu, mungkin sampai hari ini kita tidak akan pernah merasakan nikmatnya kebebasan. Rasanya tidak ada alasan untuk berhenti mencintai negeri ini. Sampai kapanpun tanah air ku ya Indonesia. Di Indonesia saya terlahir, saya dibesarkan, dan di sini pulalah saya ingin menikmati masa tua saya.
Apakah kata “cinta” saja cukup? Saya sendiri juga merasa malu manakala bilang cinta tanah air, bangga menjadi warga Indonesia, manakala sikap dan perilaku saya masih jauh dari bukti kata “cinta” itu. Layaknya sesorang yang selalu mencintai belahan jiwanya, akan mati-matian dan rela berkorban untuknya. Maka mestinya itu yang harus kita lakukan untuk Indonesia. Lalu manakan yang di sebut Indonesia? Bisakah kita memegangnya, memeluknya, dan mengajaknya kemanapun kita pergi? Bisa. Ya, kiya bisa melakukan semua itu. Bagi saya Indonesia adalah kita, tutur kata kita, perilaku kita, anak kita, keluarga kita, tempat kerja kita, dan semua yang berada di sekitar kita, Itulah Indonesia.
1. Jika saya mampu menjadi istri yang baik, ibu yang hebat, anak yang berbakti, itu adalah bukti CINTAku untuk Indonesia
2. Jika saya mampu menjadi pendidik yang baik, belajar, berkarya dan berprestasi, serta berdidikasi untuk institusi saya, maka itulah CINTAku untuk Indonesia
3. Jika saya mampu berkontribusi untuk masyarakat tertinggal, berpengaruh bagi lingkungan sekitar, inilah wujud CINTAku untuk Indonesia.
Cintailah negeri ini, bawa cinta itu kemanapun kita pergi, ke ujung dunia sekalipun, jangan pernah melupakan tanah air. Kalaupun kita harus pergi jauh, itu karena untuk kembali, kalaupun suatu hari kita harus belajar ke negeri orang, itu untuk Indonesia lebih baik. Kalaupun kita harus ke negeri orang, bawalah kenalkanlah dan tunjukkanlah bahwa Indonesia ada dan sungguh indah.

CINTA bukan hanya dengan kata dan nada. CINTA adalah tindakan dan bukti nyata.

Semoga, tiga komitmen itu senantiasa mendapat ridho dan kemudahan dari Alloh SWT.
–with love —

Leave a Reply

