Resensi Novel “Sang Pemimpi”

Posted: January 14, 2008 in Resensi

Ini adalah buku kedua dari tetraloginya Andrea Hirata. Ending yang sangat mengesankan, hmm.. aku suka. Alurnya bagus, menarik. Tema cerita yang sederhana tapi terbungkus kalimat-kalimat yang wow penuh makna. Tapi sayangnya ini kurang ada sinergi dengan buku pertama, yang namanya tetralogi kan ada 4 buku, harusnya seh ada kesinambungan yang bagus. Memang, Laskar Pelangi masih sedikit disebut-sebut, tapi belum mewakili kesinambungan yang bagus. Berhubung sudah terbuai sosok Arai, Ikal dan Jimbron. So finally ga masalah lah. PAsti novelnya sangat berkesan dan begitu menggugah.

“3 Seorang pemimpi. Setelah tamat SMP, melanjutkan ke SMA Bukan Maen. Di sinilah perjuangan dan mimpi ketiga pemberani ini dimulai. Ikal, salah satu dari anggota Laskar Pelangi, Arai, saudara sepupu Arai yang sudah yatim piatu sejak SD dan tinggal di ruamh Ikal, sudah dianggap seperti anak sendiri oleh Ayah danIbu Ikal. Dan Jimbron, anak angkat seorang pendeta karena yatim piatu juga sejak kecil. Namun pendeta yang sangat baik dan tidak memaksakan keyakinan Jimbron, malah mengantarkan Jimbron menjadi muslim yang taat.

Arai dan Ikal begitu pintar dalam sekolahnya, sedangkan Jimbron, si penggemar kuda ini biasa-biasa saja. Malah menduduki rangking 78 dari 160 siswa. Sedangkan Ikal dan Arrai selalu menjadi 5 dan 3 besar. Mimpi mereka sangat tinggi, karena bagi Arrai, orang susah seperti mereka tidak akan berguna tanpa mimpi-mimpi. Mereka berdua mempunyai mimpi yang tinggi yaitu melanjutkan study ke Sarbonne Perancis. Mereka terpukau dengan cerita Pak Beia, guru seninya, yang selalu meyebut-nyebut indahnya kota itu. Kerja keras, menjadi kuli ngambat mulai pukul 2 pagi sampai jam 7 dan dilanjutkan dengan sekolah, itulah perjuangan ketiga pemuda itu. Mati-matian menabung demi mewujudkan impiannya. Ya, meskipun kalau dilogika, tabungan mereka tidak akan cukup untuk sampi ke sana. Tapi jiwa optimisme Arai tak terbantahkan.

Setelah selesai SMA, Ari dan Ikal merantau ke Jawa, Bogor tepatnya. Sedangkan Jimbron lebih memilih untuk menjadi pekerja ternak kuda di Belitong. Jimbron menghadiahkan kedua celengan kudanya yang berisi tabungannya selama ini kepada Ikal dan Arai. Dia yakin kalau Arai dan Ikal sampai di Perancis, maka jiwa Jimbron pun akan selalu bersama mereka. Berbula-bulan terkatung-katung di Bogor, mencari pekerjaan untuk bertahan hidup susahnya minta ampun. Akhirnya setelah banyak pekerjaan tidak bersahabat ditempuh, Ikal diterima menjadi tukang sortir (tukang Pos), dan Arai memutuskan untuk merantau ke kAlimantanTahun berikutnya, Ikal memutuskan untuk kuliah di Ekonomi UI. Dan setelah lulus, ada lowongan untuk mendapatkan biasiswa S2 ke Eropa. Beribu-ribu pesaing berhasil ia singkirkan dan akhrinya sampailah pada pertandingan untuk memperebutkan 15 besar.

Saat wawancara tiba, tidak disangka, profesor pengujinya begitu terpukau dengan proposal riset yang diajukan Ikal, meskipun hanya berlatar belakang sarjana Ekonomi yang masih bekerja sebagai Tukang Sortir, tulisannya begitu hebat. Akhirnya setelah wawancara selesai, siapa yang menyangka. Kejutan yang luar biasa. Arai pun ikut dalam wawancara itu. Bertahun-tahun tanpa kabar berita, akhirnya mereka berdua dipertemukan dalam suatu forum yang begitu indah dan terhormat. Begitulah Arai, selalu penuh dengan kejutan. Semua ini sudah direncanaknnya bertahun-thaun. Ternyata dia kuliah di Universitas Mulawarman dan mengambil jurusan Bilogi. Tidak kalah dengan Ikal, proposal risetnya juga begitu luar biasa dan berbakat untuk menghasilkan teori baru.

Akhirnya sampai juga mereka pulang kampung ke Belitong. Dan ketika ada surat datang, mereka berdebar-debar membuka isinya. Pengumuman penerima Beasiswa ke Eropa. Arai begitu sedih karena dia sangat merindukan kedua orang tuanya. Sangat ingin membuka kabar tu bersama orang yang sanag dia rindukan. Kegelisahan dimulai. Tidak kuasa mengetahui isi dari surat itu. Akhirnya Ikal ketrima di Perguruan tinggi, Sarbone Pernacis. Setelah perlahan mencocokkan dengan surat Arai, Subhannallah, inilah jawaban dari mimpi2 mereka. Kedua sang pemimpi ini diterima di Universitas yang sama. Tapi ini bukan akhir dari segalanya. Disinilah perjuanagan dari mimpi itu dimulai, dan siap melahirkan anak-anak mimpi berikutnya.

Waw, seru banget deh bacanya.sampe terharu dan pengen netesi air mata.🙂

Penerbit :  Klub Sastra bentang

Penulis : Andrea Hirata

Comments
  1. hendix says:

    hidup emang berawal dari mimpi…

  2. eko fajar says:

    punya novelnya andrea hirata ya…
    bisa pnjm ga…

    punya yg laskar pelangi…
    aq pengen baca buku itu…

    mau beli ga punya uang…

    wkwkkwkwkwk

  3. Ru says:

    Karangan Andrea Hirata keren..
    Aku pernah baca yang ‘Laskar Pelangi’
    Cerita nya asyik, mengalir apa adanya…
    POkoknya oke banget dech….

    Btw, aku bacanya lom sampek selesai…

    Tak kasih tahu ya, novel yang pertama kali aku baca sampe selesei tuh berjudul ‘Love for Show’

  4. lizka says:

    huyyyy….asik bgddd de tetralogi laskar pelangi.cayo buat ikal. arai gmn kabar tu?lintang gmn ya?Maryamah karpov buku ke4 alias yang terakhir kpn tu???semangat, hehehe

  5. Dhillah says:

    It’s real book!!!

    Fantastic abizzz,
    gw bs trtw,nangis,mengharu bru

    2x gw bc bkuY,g bsan2.Kren dah!!!!

    Slm q t’utk Lintang “Manusia yg sgt dbthkn di ngri yg t’korup ne”
    “mnusia yg hny d’pndg s’blh mt olh pmrinth,krn kmskinny”

    Bwt Presiden SBY ;”bca donk buku ne!!!”😉

  6. anjar says:

    pinjem donggg…,.,.

  7. efi tekkim says:

    pindah dunia ney mb!!!!!

    eh tuker2an buku donk…

  8. mau tukeran buku apa??boleh2 aja

  9. tatin says:

    iya bgus bgt… keren!

  10. rhein says:

    wah…..wah…
    no comment deh buat karya2 na andrea hirata.
    baguuussss banget………

  11. hizree says:

    aku lagi pusing nih cari cerpen dengan tema feminisme untuk tugas kuliah..bisa bantuin ga?
    pernah baca cerpen yang bertemakan feeminis..tolong dong kasih tau ddapat dari buku/majalah apa?tahun brp?klo ada kopiannya lebh bagus..soalnya udah deadline nih..terimakasih..

  12. neen says:

    aQ bener2 kagoem ma andrea hirata…mezkipoen Q cuma baru baca novelnya yang pertama tp keliatan kalo dy tuch cerda n wawasannya joega begitoe loeas + dy ngaJari qT arti seboeah perjoeangan sO…..ma’a najah>>>??!!!??

  13. nHidy@ says:

    menurut gw novel Sang Pemimpinya anDrea hirata itu,noVel spanjang masa yaNg ga akan pernah gw lupa seumur idup gw(segitunya,,,;]),cRitanya Komplit,Mulai dr Sedih,Kocak,tEgang smpe yang agak2 bokep jg ad……

  14. wido2 says:

    novel yang menggugah.harusnya penulis skenario film n sinetron baca tuh yang bginian.biar kreatif,biar d otaknya g d penuhi pocong n cinta2an doank.apa kata dunia bro? Indonesia dah kelebihan beban masalah.Jangan tambah masalah.ada resep pinter neh:klo mo sperti lintang,ikal n arai,jangan sekali-kali nonton sinetron televisi,nnt kmu jd pocong he2. . .UBAH INDONESIA MULAI DR DIRIMU

  15. Luky pradita says:

    Seru bgt,kami siswa sma jadi terbAngun semangat dri sifat2 malas!saya akan berjuang dg keras seperti mimpi2 para pemuda belitong itu u/spmb tahun 2009 doakan sukses!?trimakasih andrea hirata!

  16. kenin says:

    Cerita nya baguss bgt,,hbs baca Sang Pemimpi,rasa nya jadi malu sendiri..suka cepet putus asa,,,g kaya tokoh di novel itu

  17. mimi says:

    aku dah baca sang pemimpi seruuuu banget.tapi ko, ulasannya banyak salah ketik gitu.

  18. iya maaf, banyak salah ketik,soalnya buru-buru,,,,makasih koreksinya…

  19. ten no megumi says:

    sang pemimipi….
    ehm………

    dari judulnya se.. awalnya w kira cuma kumpulan mimpi yang ga bakal terwujud…pi setelah dah baca ternyata ne.. buku..
    dapat jadi motivasi semua orang,untuk ga cuma bermimpi tapi harus berani juga tuk mewujudkannya….

    novel tetralogi yang keren bet…
    kasian bet yang lom baca laskar pelangi ma sang pemimpi

  20. oza says:

    bermimpilah!!karena tuhan akan memeluk mimpi-mi,pi itu

  21. buku yang science yang dioceh secara unik. semua orang yang membaca novel ini akan mengatakan ucapan “good”. entah kenapa penulis novel ini mengupas keadaan hidupnya secara unik dan penuh dengan pengatahuan yang sangat penting.
    penulisnya kaya akan kata-kata sehingga ia dapat memainkan kata-kata pada novellya ini. ia secara bengga memutar-balikkan semua kata0kata dalam novel ini secara unik dan penuh dengan ilmu yang bagus banget.
    satu kata dariku untuk novel ini adalah ‘bagus’.
    aku suka dengan novel ini dan terbukti semua orang mengatakan novel ini sangat baik.

  22. dudek says:

    keren coy….!!!!

  23. elisanta says:

    it;s really a nice book

  24. meili says:

    cerita sang pemimpi n laskar pelangi sangat bagusss n meyenangkan….
    cerita itu belajar dari kehidupan yang susahh
    hehehehehhe
    ^_^

  25. poe says:

    resensinya kog ga pnjang ? buat tugas skul ni… di gramed ada jual

  26. angga says:

    hhooo…. . . .
    nice Bookkkkk…!!!!

  27. syapa yg pna…
    pnjem yah.hehe

  28. buat poe : maaf, ndak sempet nulis panjang-panjang, kalau butuh bantuan, kirim email aja ya?

    buat angga T : aku punya bukunya, klo mau pinjam silahkan…

  29. nathasia says:

    setelah baca novel laskar pelangi gak abdol rasanya kalau gak baca novel ni.

  30. Reecha says:

    m’baca novel ni m’bwt aq brani tuk b’mimpi

  31. buat nathasia : bener banget, tapi jauh lebih afdol klo ditambah baca yang endensor lo, ada juga dalam postingan di blog ini 🙂

    buat reecha : yap, memang kita harus berani untuk bermimpi…sampe kapanpun…dan menjadikan mimpi itu menjadi puih-puih kenyataan yang indah

  32. Lischantik says:

    Lilis br baca laskar pelangi aj 2 novel laennya blum beli coz toko bukunya jauh bgt dari tempat lilis (lilis di pedalaman) pengen pinjam dgn anda ga mungkin kan?qta jauh hehe

  33. iin says:

    yuhuuu…..
    kren abiz neh buku.
    tp elon pny bkunya
    bru cma mnjm doank

  34. aciin says:

    ummzz,, gw sbnerny blum bca bku samng pamimpi nie..
    gw munk gk sk bgt bca.. gk da nvel yg bkin hti gw trsntuh.. smw biasa za n berbelit”..
    nie jg gw mo bca,, gr” da tgaz skul..
    pie moga za biz bca bku nie,, gw jd sk bca..
    mkciih iaa bwt resensiny..
    ^0^

  35. didin says:

    kuueeerrreeeeeennnnn,,,,,,,,,

    g’ tau deh mw komentar apaan!!!!

    keep fight aja yah…..

  36. buat lischantik : semoga segera bisa punya bukunya ya🙂

    buat iin : semoga juga bisa punya koleksi buku sendiri, keren kan…

    buat aciin : sama2 ya. dan semoga abis baca buku ini, bisa bikin motivasi untuk gemar membaca

    buat didin : makasih ya….

  37. pOppY says:

    aQ … suKhaA …

  38. danang says:

    biasa aja… gak ada istimewanya… terlalu hiperbol az….

  39. buat mas danang : setiap orang memiliki expresi yang berbeda-beda. Yang penting saling menghargai🙂

  40. liza says:

    ah
    bingung

  41. ikha says:

    good idea,

    ska dech….!!!
    truz berkarya go…chayooo ajah….!!

  42. isti says:

    andrea hirata is the best novelis………………
    ceritanya bagus dech

    pengen dech baca yang judulnya
    Endersor………he3x

  43. nia says:

    sumpah keren novelnya keren banget….!!!!wlo gw ga punya novelnya tapi 5kasih wt spega yang dah mau minjemin novel sang pemimpi…novel jadi inspirasi ku.

  44. buat isti sama nia, aku punya kedua novelnya lho🙂. Dan untuk yang endensor, aku juga udah bikin resensinya, meskipun dikit banget, bisa dibaca di sini http://blog.its.ac.id/ruktin/tulismenulis/endensor

  45. jananto dwi chayo says:

    woi resensi anda sudah bagus tapi tolong di kasih tau penerbitnya siapa….aduuuuuuuuh

  46. iya, terimaksih atas sarannya ya. Suka buru-buru kalau nulis di sini. Penerbit dan penulisnya sudah saya lengkapi di atas🙂

  47. diq says:

    wkwkwkwk

    is the Best…

    ne nOvel..

  48. tya says:

    sAn9 pEmimPi eMang b9uz..
    Q udAh bcA,,dAn mEmbuaT aQ tErharu kRn peRjuan9an sAn9 pEmimPi..

    0ia,,Q m0 miNta ijin niy bwt nEmpeL reSenSi yang kamu buat d’mAding kAmPuz..

    boLeh 9ak??

  49. 🙂 boleh aja tya…tapi maaf ya , itu buru-buru banget nulisnya, jadi kek blepotan getu… ndak papa kalo mau dipasang di mading, moga bermanfaat🙂

  50. ayu says:

    yaaaaaaaaaaa … w pernah baca 2 novel tp ga mpe selesai …

  51. yasin says:

    poko’a buku ney bagus bgt tapi mungkin di resensi’a bnyk bgt sLh ketikan

  52. iya, makasih ya buat yasin….suka buru-buru kalo nulis, makanya banyak salah ketiknya. For next time, insya Allah lebih hati-hati

  53. rojaki,spd says:

    iya sama komentar dengan teman teman seuanya. novel ini sangat bagus dan menarik hati setiap pembaca… saja juga jadi termotivas untuk segera mewujudkan mimpi-mimpi menjadi guru yang bisa memberikan motivasi bagi peserta didik. o iya saya guru bahasa Indonesia d SMA NEGERI 2 SEKAYU MUSI BANYU ASIN SUMATERA SELATAN. salam hangat untuk rekan semuanya.

  54. Reka says:

    NGetiknya banyak banget yg salah..

    Belajar ngetik dlo sana,, cacat dah..

    Jgn cuma mentingin isi tapi klo nulis yg bener juga itu perlu..

  55. Roni says:

    Gw setuju bang reka. Baru kali ini gw denger negara yg namanya Pernacis, wkwkwkwk bego bener.

    Negara mana tuh??
    Wkwkwk kocak2

  56. mzsay says:

    EMANG CITA2 2 BERAWAL DARI MIMPI
    mulailah yang AKHIR,,,,,,,,!!!!!
    JANGAN MULAI DRI AWAL…..XXXXXXX
    DENGAN MULAI YANG akhir perjalanan hidup qita kan membawa SEMANGAT yang membara n bermanfaat
    key…..
    ye,,,,,,,sok iso-iso.0 mzsay…..
    biasa kta2 dri pengalamn orang sukses

  57. Fi_a@ymail.co.id says:

    Novel yg sngt bguuuzzz…ayaz pun jadi termotifasi.impian aq yg slam ni q inginkn,aq hampir putuz asa tpi bgtu q mmbaca novel sang pemimpi aq trasa inggin menggapai mimp ayaz.thanks bwt andrea hirata.

    bwt diiNA.muach

  58. iqball says:

    baguzz,,
    trims atas bantuanx

  59. aharwi says:

    yes i wer…………..

  60. abduh says:

    sang pemimpi seruuu banget ceritanya, apalagi pas anak-anak laskar pelangi lagi pada nonton bioskop….

  61. Firaun says:

    Wahh.. Novelnya bagusss tuhh… kalau b eli buku di Bdg berapa yahh harganya????????

  62. somo fajar says:

    “hidup memang harus diawali dengan mimpi sobat”.
    pengagum Andrea Hirata.

  63. icha says:

    critaanyaa krenn bgttzzz . sampai ingin baca lagii . aku ga sia sia beli buku sang pemimpi !!

  64. muna says:

    wah bagus bangrtttttt ya………………………………aku seneng dengan critanya relevan banget…………….emang sesseorang itu juga perlu mimpi……………………hehehehehehehehe

  65. rifa says:

    kuereeeeeeeeeeeen buangedzzzzzz….

  66. Ajenk says:

    weew…kereeen……
    ohya…makasih eaa….
    udah bantuin buat resensi novel laskar pelangi…
    makasiiiihh seribu makasiiih….
    klu g ada kakak pasti resensiku g bakal rampung….

    makasiiihhh..

  67. oqiie says:

    hehehehe

  68. chachinx says:

    .iiihhh wOw keyyyeennn abbbiiizzzz.

  69. astry says:

    wuihhhhhhhhhh
    novelnya keren abizzzz
    novel ne jg memotifasi gw bwt smakin smangat ngejar mimpi
    he,,,,

  70. satriyani cuantik bued..mimpi says:

    keren…
    aq ajj smap mimpi blgin aq cuntik,,
    padahal kn aq kn mmg cantik..

  71. pu3 says:

    mksih y bgus dch

  72. darsin says:

    novelnya keren abiiiizzzzzzz g da yg nyamain gitu

  73. winiedcni says:

    nove ciip abiz…
    kpn ne flmx mw d tyngn????????

  74. hamka says:

    resensi nya kurang jelas karena tidak memberikan identitas buku dan kepengarangan

  75. hamka says:

    resensinya kurang lengkap tidak mencantumkan kepengarang dan identitas buku

  76. bybeh says:

    resensinya kurang komplit

  77. Rinti says:

    wuuuahh baGuszzz Bwanget Looo….

  78. yayan says:

    heiii…
    recency naa…

  79. yudho says:

    hufh,,, kerenZZZ

  80. sigit says:

    resensinya gak lengkap

  81. hehe, ndak lengkap ya. Hem, mungkin bisa sharing resensi yang lengkap disini atau sekedar menambahkan supaya lengkap, makasih🙂

  82. Itrsmehere says:

    hhhmmm,,, critanya bagus banget.. tapi knp mesti dia yg mainin film nya,, cz karakter aslinya beda sm yg cerita jd kurang mendalam critana,,, gtu…..

  83. Ika , teruslah mengejar cipenk

  84. Dah liat filmna>>>>

    ???

  85. lhamdulillah sudah melihat filmnya selasa malam kemarin, hehe, seru, tunggu aja review film nya di blog ini.
    BAgi pembaca semuanya, terimakasih atas saran dan kritiknya, alhmdulillah ejaan dan kesalahan ketik sudah saya benarkan🙂

  86. egha says:

    bagus bnget,tpi Q yum smpet liat film.a,

  87. indah says:

    wahhhhhh jd pnsrn nieeee……. ma video……..

  88. sukhati yw says:

    kisah tokoh dlm sang pemimpi spt lukiasan hidupku yg hampir putus sekolah dan berjuang untk bsa melanjutkan sekolah.sy bekerja untk membiayai skolah sy,jg mencari beasiswa.tp alhamdulillah akhirnya sy skrg bsa kuliah.Dg harapan suatu saat nanti sy bsa sukses n bsa mendapat kehidupan yg lbih baik.Amin.

  89. Bener banget….setuju.Sekalian numpang pinjem resensinya ya..hehehe🙂

  90. Timothy Jevon Lieander says:

    Resensi Nya Kurang Lengkap !!!

  91. guruh says:

    oke bangets

  92. ilham says:

    Mimpi adalah awal dari kenyataan…
    angan akan tercapi bila mimpi2 itu kita kejar lalu kita tangkap…
    hap…hap…lalu di tankap…

  93. agung says:

    hidup tanpa mimpi bagai berasa ga hidup

    karena dari mimpilah berawal suatu perubahan

  94. rina says:

    wuyyy,,,,,,,,,pko’a keren banged dech,,,,,,,,,,,mengharukan.

    setiap perjuangan yg sungguh” pasti membuahkan hasil yg memuaskan. yakin dan percayalah.

  95. azalea says:

    ehm mang cih q udh bc smuana!
    &udh slsai 1th lalu!!
    &yg pling q SUKAI tu SANG PEMIMPI…!,novel yg bnr2 mmbuatku mlayang mnembus mimpi&brkta “ta’ da yg g mngkn d’dnia ni!”
    tp knp cih seorang andrea hirata sll bs mmbuatku kcewa d’khidupn nyata! &bs ksh th g?kpn maryamah karpov yg 2 kluar!? dah cpek nih nggu rsana kyk d’gntung pcar!^_^hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s